Abstract:
Daya saing merupakan salah satu kriteria yang dapat menentukan keberhasilan suatu negara dalam
perdagangan internasional. Indonesia dan Malaysia berada di pasar yang sama mengakibatkan kedua
negara ini harus bersaing dalam mempertahankan keunggulan komoditasnya Tujuan dilakukannya
penelitian ini untuk menganalisis dinamika daya saing ekspor minyak sawit Indonesia dan Malaysia di
pasar internasional serta mengetahui hubungan kausalitas antara pangsa pasar, keterbukaan, jumlah
penduduk dan minyak kedelai terhadap daya saing Indonesia dan Malaysia. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Revealed Comparative Advantage (RCA) dan teknik analisis Regresi Data
Panel. Hasil estimasi RCA menunjukkan bahwa komoditas minyak kelapa sawit Indonesia lebih unggul
dibandingkan dengan Malaysia. Hasil regresi data panel Indonesia menunjukkan bahwa variabel pangsa
pasar dan minyak kedelai signifikan berpengaruh positif, sedangkan variabel keterbukaan dan jumalh
penduduk signifikan berpengaruh negative. Hasil regresi data panel Malaysia menunjukkan variabel
pangsa pasar dan minyak kedelai tidak signifikan namun berpengaruh positif, sedangkan variabel
keterbukaan dan jumlah penduduk signifikan berpengaruh negatif.