Abstract:
Restoran adalah bisnis yang populer pada industri jasa pangan. Alur kegiatan pada sebuah restoran meliputi pemesanan makanan, pembuatan makanan di dapur, dan pembayaran pesanan. Restoran seringkali memiliki sejumlah tantangan dan masalah dalam kegiatan operasionalnya. Masalah-masalah seperti pencatatan pesanan yang salah dan antrian pesanan yang terlewat dapat mengurangi tingkat kepuasan pelanggan. Seiring berkembangnya teknologi, sistem informasi seringkali digunakan untuk membantu kegiatan operasional sebuah restoran agar dapat berlangsung secara lebih terstruktur. Pada skripsi ini telah dilakukan analisis sistem pemesanan restoran sejenis dan wawancara dengan pemilik restoran untuk mengetahui kebutuhan sistem pemesanan restoran. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dirancanglah sebuah sistem pemesanan restoran yang memiliki fitur utama menyediakan menu secara digital, menerima pesanan pelanggan, mengelola antrian pesanan, dan mencatat transaksi. Pembangunan sistem pemesanan restoran memanfaatkan Next.js, yaitu sebuah framework JavaScript yang dibangun di atas React. Pemanfaatan Next.js membawa fiturfitur modern yang dapat meningkatkan kinerja sistem pemesanan restoran. Selain itu, sistem pemesanan restoran yang dibangun pun mendukung komunikasi real-time dengan memanfaatkan protokol WebSocket untuk meningkatkan kecepatan komunikasi antara pelanggan dan karyawan restoran. Sistem restoran yang dibangun telah melalui tahap pengujian. Pada saat proses pengujian, seluruh fitur dan interaksi sistem dengan pengguna diuji untuk memastikan bahwa sistem pemesanan restoran dapat berfungsi dengan baik. User Acceptance Test (UAT) pun telah dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem pemesanan restoran yang dibangun. Hasil UAT menunjukkan respons positif, yang menegaskan bahwa sistem pemesanan restoran yang dibangun dapat memenuhi harapan pengguna, baik sebagai pelanggan maupun karyawan restoran. Sistem restoran yang dibangun menggunakan framework Next.js dapat berfungsi dengan baik, dan dapat membantu kegiatan operasional restoran serta meningkatkan kepuasan pelanggan.