Analisa pola pembelian pelanggan menggunakan algoritma apriori dan teori himpunan lunak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Owen, Livia
dc.contributor.advisor Wijaya, Andreas Parama
dc.contributor.author Subroto, Ferdinand Edward Kurniawan
dc.date.accessioned 2024-07-31T09:09:58Z
dc.date.available 2024-07-31T09:09:58Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp45300
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18096
dc.description 1990 - FTIS en_US
dc.description.abstract Transaksi industri ritel seperti minimarket atau supermarket tergolong ke dalam suatu data yang besar dan dapat diolah menjadi informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan penjualan. Dengan menganalisa data transaksi tersebut, pola kegiatan belanja pelanggan dapat diketahui. Pola yang akan dicari adalah kombinasi pembelian produk yang sering dibeli oleh kebanyakan pelanggan. Dengan mengetahui hal tersebut, pemilik bisnis dapat merancang suatu strategi penjualan, seperti paket penawaran untuk memudahkan pelanggan dalam membeli produk. Pola kegiatan belanja dapat digolongkan ke dalam suatu aturan asosiasi yang dibagi menjadi dua jenis, yaitu aturan asosiasi biasa dan aturan asosiasi maksimal. Karena data transaksi tergolong besar, aturan asosiasi tidak dapat dilakukan secara manual. Oleh karena itu, algoritma apriori digunakan dan diterapkan dengan program komputer. Untuk memudahkan pemrograman, data transaksi perlu diubah terlebih dahulu ke dalam data Boolean. Salah satu transformasi data tersebut adalah teori himpunan lunak. Pada skripsi ini terdapat dua jenis data yang akan diolah, yaitu data sintetis dan data transaksi suatu toko aksesoris online. Hasil untuk masing-masing data dengan menggunakan aturan asosiasi biasa dan maksimal, dapat disimpulkan bahwa aturan asosiasi biasa menunjukkan tingkat pembelian produk yang lebih tinggi dibandingkan aturan asosiasi maksimal. Sedangkan aturan asosiasi maksimal menghasilkan pola pembelian produk yang lebih bervariasi dibandingkan aturan asosiasi biasa. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Matematika Fakultas Teknologi Informasi dan Sains - UNPAR en_US
dc.subject ATURAN ASOSIASI en_US
dc.subject ATURAN ASOSIASI MAKSIMAL en_US
dc.subject ALGORITMA APRIORI en_US
dc.subject TEORI HIMPUNAN LUNAK en_US
dc.subject PRODUK en_US
dc.subject MINIMUM SUPPORT en_US
dc.subject MINIMUM CONFIDENCE en_US
dc.subject MINIMUM SUPPORT MAKSIMAL en_US
dc.subject MINIMUM CONFIDENCE MAKSIMAL en_US
dc.title Analisa pola pembelian pelanggan menggunakan algoritma apriori dan teori himpunan lunak en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6161901052
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0424088501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI616#Matematika


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account