dc.description.abstract |
Industri otomotif merupakan salah satu sektor ekonomi yang memiliki dampak yang luas pada ekonomi global, baik dari segi pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, maupun perkembangan teknologi. Dalam pasar otomotif, pasar mobil bekas telah menjadi pasar yang semakin kompetitif dan dinamis. Penentuan harga jual beli mobil bekas memerlukan beberapa pertimbangan untuk memperoleh keuntungan yang tepat dengan harga jual yang sesuai di harga pasar. Dalam hal ini, akan digunakan pendekatan statistika untuk menentukan harga jual yang sesuai dengan kondisi mobil dan dalam rentang harga yang sesuai dengan harga pasar. Penelitian ini akan berfokus pada penentuan harga jual mobil bekas yang dianalisis menggunakan metode Analisis Komponen Utama (PCA) dan Regresi Linear Berganda. Data yang digunakan terdiri dari tiga juta data mobil bekas yang terdaftar di salah satu pasar otomotif online di Amerika Serikat. Proses analisis dimulai dengan melakukan pembersihan data. Kemudian dilanjutkan dengan mencari variabel-variabel penting, atau komponen utama, yang merupakan hasil reduksi dimensi menggunakan metode analisis komponen utama. Dengan analisis komponen utama, dimensi data berhasil direduksi dan dapat dijamin telah memenuhi asumsi non-multikolinearitas, sehingga proses analisis dapat dilanjutkan dengan mengonstruksi model prediksi harga jual yang melibatkan komponen penting menggunakan metode regresi linear berganda. Diperoleh suatu model prediksi yang cukup baik, tetapi belum menjadi model terbaik karena terdapat salah satu asumsi regresi yang belum terpenuhi, yaitu homoskedastisitas. |
en_US |