dc.description.abstract |
Idachi Fitness Center adalah perusahaan yang bergerak di bidang peralatan kebugaran. Idachi Fitness Center yang terletak pada Istana BEC Bandung dibuka pada bulan Agustus tahun 2022 menyediakan layanan penggunaan alat kebugaran atau gym. Idachi Fitness Center memiliki nilai average customer retention rate sebesar 45,9% sedangkan menurut ahli dibutuhkan minimal nilai average retention rate sebesar 70%. Menurut Association of Fitness Studios (AFS), rata-rata ideal average retention rate untuk fitness studio adalah 75,9%. Untuk menghasilkan usulan sistem CRM, perlu dilakukan beberapa tahap dimulai dari analisis keadaan saat ini. Kemudian dilanjutkan dengan penentuan kriteria performansi sebagai tolok ukur keberhasilan usulan. Kriteria performansi yang telah dirancang yaitu untuk dapat menghasilkan sistem CRM yang dapat mengembangkan hubungan Idachi Fitness Center dari transaksional menjadi relasional terhadap pelanggan yang dimiliki, serta mampu mengelola informasi konsumen untuk mendukung retensi pelanggan pada Idachi Fitness Center. Setelah itu, dilanjutkan dengan usulan berupa adopsi sistem informasi penjualan untuk mendukung perancangan usulan sistem CRM. Lalu, melaksanakan perancangan usulan berupa proses bisnis dengan penerapan CRM dan basis data yang dirancang menggunakan metode DDA sesuai dengan aktivitas proses bisnis usulan CRM. Kemudian melakukan perancangan user interface (UI) dan standard operational procedure (SOP). |
en_US |