Abstract:
Dalam beberapa tahun terakhir, banyak restoran dan kafe baru yang bermunculan dengan konsep yang unik dan menarik, seperti restoran yang menyajikan makanan atau kafe yang memiliki tema tertentu. Noods Lab sebuah usaha restoran yang menyediakan makanan yang identik dengan makanan khas dari Jepang yaitu mie ramen yang terletak di Batam. Noods Lab pertama kali beroperasi pada Juni 2022, sehingga restoran ini baru berjalan selama 9 bulan. Hasil penjualan dari restoran ramen Noods Lab selama 6 bulan terakhir masih belum mencapai target. Berdasarkan wawancara dan survei didapatkan bahwa sebanyak 55,34% belum mengenal Noods Lab dan studi literatur yang telah dilakukan brand awareness merupakan permasalahan yang sedang dialami Noods Lab. Beberapa faktor yang diduga mempengaruhi brand awareness Noods Lab adalah electronic word of mouth (EWOM), social media marketing (SMM), dan inovasi produk (IP). . Penyebaran kuesioner dilakukan untuk mengumpulkan data dan mengolah data menggunakan metode PLS-SEM. Berdasarkan PLS-SEM evaluasi model pengukuran untuk variabel independen SMM, EWOM, dan IP maupun variabel dependen brand awareness sudah valid dan reliabel. Kemudian evaluasi struktural didapatkan bahwa variabel EWOM, SMM, dan IP berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap brand awareness dengan path coefficient 0,419, 0,292, dan 0,192. Usulan yang diberikan untuk meningkatkan brand awareness Noods Lab menggunakan Important Performance Map Analysis (IPMA). Usulan yang diberikan adalah lomba dengan membuat video singkat yang menceritakan pengalamannya mengunjungi Restoran Ramen Noods Lab, membuat kontes ulasan online dan giveaway, melakukan kerja sama dengan food influencer atau content creator yang relevan, membuat broadcast channel untuk pengikut supaya dapat berbagi informasi di media sosial Instagram, dan membuat postingan dengan visual yang menarik dan gaya bahasa yang menarik, melakukan pembaharuan foto menu makanan yang terkini, membuat tema baru sesuai dengan hari-hari besar, menyediakan pengalaman makan yang berbeda dengan brand lain dengan menawarkan free refill mie ramen, lebih sering menghadirkan menu limited-edition.