Abstract:
Pangalengan merupakan kota kecil yang terkenal dengan keindahan alamnya, menjadikannya destinasi wisata yang populer. Masyarakat sekitar pun memanfaatkan keberadaan tempat wisata tersebut dengan menciptakan produk khas Pangalengan. Salah satunya adalah perusahaan Hokinah yang menyediakan oleh-oleh khas Pangalengan seperti permen susu, dodol susu, dan noga susu dengan merek Kop-Yes. Produk-produk ini di jual melalui toko milik sendiri maupun di toko oleh-oleh lainnya. Permen susu menjadi produk khas yang terkenal di Pangalengan dengan menyumbang 60% pendapatan di perusahaan Hokinah. Namun, perusahaan Hokinah mengalami penurunan pendapatan dikarenakan keputusan pembelian rendah yang ditandai dengan konsumen cenderung lebih memilih produk pesaing. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan usulan perbaikan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan Hokinah dengan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian permen susu Kop-Yes. Model penelitian keputusan pembelian terdiri dari 5 variabel yaitu kualitas produk, harga, tempat, promosi dan citra merek. Data penelitian didapatkan dengan membagikan kuesioner secara langsung dan melalui google form. Didapatkan 148 data yang dapat diuji dari 169 data dengan teknik non-probability sampling. Pengujian data dilakukan menggunakan PLSSEM. Melalui pengujian ini didapatkan bahwa variabel kualitas produk, harga, promosi dan citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk variabel yang paling berpengaruh adalah variabel promosi dengan persentase sebesar 36.5%. Usulan perbaikan yang diberikan dalam penelitian adalah 18 usulan. Usulan-usulan tersebut diterima dengan baik oleh perusahaan Hokinah.