Abstract:
Yakini! Yakitori merupakan UMKM yang bergerak di bidang food and beverages dengan produk utama yang ditawarkan yaitu berbagai macam jenis yakitori (sate Jepang). Agar dapat bersaing dengan para pelaku UMKM, Yakini! Yakitori perlu memiliki strategi pemasaran yang tepat dan sesuai. Yakini! Yakitori memiliki permasalahan pada target penjualan yang belum tercapai. Target penjualan yang belum tercapai disebabkan dari berbagi faktor seperti belum memiliki target pasar yang jelas dan strategi pemasaran yang dimiliki belum tepat. Adanya permasalahan tersebut maka perlu dilakukannya evaluasi strategi pemasaran yang sudah dilakukan oleh Yakini! Yakitori dan pemberian usulan strategi pemasaran kepada Yakini! Yakitori. Peneltian dimulai dengan menentukan variabel serta atribut penelitian mengenai faktor yang mempengaruhi konsumen dalam perilaku konsumsinya. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan jumlah responden yang didapatkan sebanyak 111 responden. Data akan dilakukan clustering dengan metode K-means clustering untuk mengetahui jumlah cluster terbaik dan dari hasil clustering terbentuk 4 cluster. Proses berikutnya akan dilakukan tabulasi silang untuk mengidentifikasi penyebaran profil konsumen. Tahap selanjutnya yaitu melakukan segmenting dari jumlah segmen yang sudah terbentuk dengan karakteristiknya masing – masing. Setelah dilakukannya segmenting, maka akan dilakukan targeting terhadap segmen yang sudah terbentuk. Tahap berikutnya yaitu melakukan positioning dengan menggunakan analisis SWOT dan identifikasi POD dan POP. Tahap berikutnya yaitu melakukan evaluasi terhadap strategi pemasaran yang sudah dilakukan oleh Yakini! Yakitori agar dapat melihat kelebihan dan kekurangan dari strategi pemasaran tersebut. Proses akhir akan dilakukan pemberian usulan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan karakteristik dari segmen terpilih dengan menggunakan e-marketing mix yang terdiri dari product, price, place, personalization, promotion, sales promotion, community, dan customer service.