Abstract:
Toko Sepeda Monumen merupakan sebuah toko yang menjual berbagai jenis sepeda dan peralatan sepeda. Toko Sepeda Monumen memiliki empat supplier utama untuk memasok sepeda. Berdasarkan performansi supplier saat ini, terdapat beberapa kekurangan yang menimbulkan masalah seperti pembatalan pesanan secara sepihak, pengiriman barang dengan jumlah yang tidak sesuai, dan keterlambatan pengiriman. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, disusunlah sebuah model ANP yang terdiri dari lima kriteria yaitu produk, harga, pengiriman, fleksibilitas, dan respon. Terdapat pula sebuah hubungan inner dependence dan empat buah outer dependence dalam model ANP yang disusun. Melalui pengisian kuesioner dan pengolahan data yang dilakukan, didapatkan urutan bobot kepentingan kriteria pemilihan supplier dengan kriteria harga memiliki bobot kepentingan tertinggi sebesar 0.452, kriteria produk memiliki bobot kepentingan sebesar 0.22, kriteria fleksibilitas memiliki bobot kepentingan sebesar 0.19, kriteria pengiriman memiliki bobot kepentingan sebesar 0.075, dan kriteria respon memiliki bobot kepentingan terendah sebesar 0.062. Selain itu didapatkan pula hasil urutan prioritas supplier dengan PT Jawara Asia sebagai prioritas supplier utama dengan bobot sebesar 0.384. CV Mekar Sejahtera sebagai prioritas supplier kedua dengan bobot sebesar 0.248. UD Ekolan sebagai prioritas supplier ketiga dengan bobot sebesar 0.21. Tanjung Makmur sebagai prioritas supplier terakhir dengan bobot sebesar 0.159.