klasifikasi gambar dari akun Instagram coffee shop menggunakan metode Convolutional Neural Network

Show simple item record

dc.contributor.advisor Suryadi, Dedy
dc.contributor.author Andrew, Sean
dc.date.accessioned 2024-07-24T01:22:54Z
dc.date.available 2024-07-24T01:22:54Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp45110
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17849
dc.description 6375 - FTI en_US
dc.description.abstract Coffee shop merupakan salah satu usaha yang berkembang dengan pesat. Banyak coffee shop baru yang terus bermunculan di berbagai lokasi. Hal ini mendorong para pemilik usaha coffee shop agar mampu bersaing. Salah satunya adalah dengan meningkatkan customer engagement. Media sosial merupakan platform yang umum digunakan karena kemudahannya dalam menyampaikan pesan dan berinteraksi dengan konsumen. Permasalahan muncul pada saat melakukan proses pengumpulan dan pengklasifikasian data berupa gambar dalam jumlah yang banyak. Penelitian ini bertujuan untuk membantu proses klasifikasi gambar post dari berbagai akun media sosial coffee shop pada Instagram. Gambar diklasifikasikan ke dalam lima kategori yaitu atmosfer, produk, Produk User, Diskon, dan Quote. Proses klasifikasi dilakukan menggunakan Convolutional Neural network (CNN), merupakan bagian dari neural network yang digunakan untuk memproses gambar. Tahapan penelitian dilakukan dengan mempersiapkan dataset training dan test, Menyusun model menggunakan transfer learning, melatih dan mengevaluasi model, kemudian diakhiri dengan mengoptimasi dan mengevaluasi kembali model. Berdasarkan hasil pengolahan data, didapatkan dua model utama dengan perbedaan arsitektur CNN utama yang digunakan yaitu ResNet 50 dan VGG16. Performansi terbaik didapatkan melalui model VGG16 dengan fully connected layer terdiri atas dua dense layer dengan 32 neuron dan fungsi aktivasi ReLU, batch normalization layer, dan dropout layer dengan nilai 50%, learning rate 0.001, serta output layer berjumlah lima neuron dengan fungsi aktivasi softmax. Didapatkan akurasi model sebesar 92% ketika diuji dengan dataset test yang berupa gambar-gambar baru yang diambil melalui instagram en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK en_US
dc.subject COFFEE SHOP en_US
dc.subject KLASIFIKASI GAMBAR en_US
dc.title klasifikasi gambar dari akun Instagram coffee shop menggunakan metode Convolutional Neural Network en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901026
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0419028101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account