Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Implementasi Program Bantuan Sosial Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Pada Masa PPKM Darurat di Kota Bandung. Adapun landasan teori yang digunakan adalah Teori Jodi Sandford dan Stephanie Moulton (2015) tentang pengukuran efektivitas yang terdiri dari dua dimensi yakni (1) Perubahan dalam operasi sistem dan (2) Perubahan kelompok sasaran.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan desain penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan (1) Wawancara dan (2) Studi Dokumen. Wawancara dilakukan dengan Seksi Pelayanan dan Rujukan Dinas Sosial Kota Bandung, Kepala Bidang Data dan Informasi Dinas Sosial Kota Bandung, KaSi Kesejahteraan Sosial Kelurahan Jamika dan Kelurahan Margasari, Seksi Pengolah Data Kelurahan Babakan Tarogong, Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Adapun wawancara dilakukan terhadap 14 narasumber dengan durasi wawancara 10 – 50 menit pada masing- masing narasumber. Selain itu, studi dokumentasi dari laporan penyaluran bantuan sosial Covid-19 masa PPKM Darurat kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk analisis deskriptif kualitatif sehingga bisa ditarik suatu kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Perubahan dalam operasi sistem pada indikator kualitas proses cukup efektif, namun dalam kriteria sasaran belum sepenuhnya sesuai dan pada indikator pencapaian hasil cukup efektif, namun adanya keterlambatan penyaluran bantuan dari Bank BJB (2) Perubahan kelompok sasaran pada indikator kualitas proses cukup efektif, namun jumlah bantuan yang diberikan kurang memenuhi kebutuhan sehari hari dan pada indikator pencapaian hasil cukup efektif, namun manfaat bantuan dirasakan hanya sesaat.
Berdasarkan temuan dalam Efektivitas Implementasi Program Bantuan Sosial Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Pada Masa PPKM Darurat di Kota Bandung, maka peneliti memberikan beberapa saran yaitu kepada Pemerintah Kota Bandung agar memberikan bantuan sosial yang berkelanjutan, saran kepada kelurahan selalu melakukan survey kepada masyarakat penerima dan saran kepada pihak penyalur Bank BJB agar tepat waktu dalam penyaluran bantuan.