Abstract:
Penelitian ini berjudul “Analisis Strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata Pada Era New Normal.” Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengindentifikasi strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dalam mengembangkan sektor pariwisata pada era new normal. Serta merekomendasikan strategi yang tepat bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata berdasarkan teori matriks SPACE (Strategic Position and Action Evaluation) dari Rowe, Mason, dan Dickel yang meliputi empat faktor utama yaitu posisi keuangan, posisi kompetitif, posisi stabilitas, dan posisi industri.
Analisis matriks SPACE membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan organisasi dalam menjalankan strategi pengembangan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melakukan studi dokumen, wawancara, dan penyebaran kuesioner pada 35 PNS Dinas Kkebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.
Hasil penelitian menunjukkan strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dalam mengembangkan sektor pariwisata pada era new normal ialah strategi konservatif yang meliputi Penetrasi Pasar, Pengembangan Pasar, Pengembangan Produk, dan Diversifikasi Terkait.