Strategi pengembangan bisnis pada pengusaha ritel dengan desain sistem penjualan B2B online : studi kasus pada Toko X dan anak perusahaannya di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Theresia
dc.contributor.advisor Gunawan, Agus
dc.contributor.author Sirait, Bambang Leonardus
dc.date.accessioned 2024-07-11T02:55:36Z
dc.date.available 2024-07-11T02:55:36Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other tes2396
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17570
dc.description.abstract Bisnis ritel konvensional saat ini mendapat gempuran yang luar biasa dari Minimarket, Supermarket, bahkan E-commerce dan Marketplace. Jumlah pedagang tradisional terus menurun sebesar 21,9% sejak tahun 2017 sebanyak 4.574.208 pedagang, hingga tahun 2021 sebanyak 3.574.342 pedagang. Persaingan yang sangat ketat di bidang ritel ini menuntut pengusaha 1itel untuk mengembangkan bisnis proses usahanya dengan memaksimalkan keuntungan yang akan didapatkan, dan juga untuk mempertahankan eksistensinya. Penulis menemukan fenomena yaitu adanya harga barang yang ditawarkan kepada pengusaha ritel yang harga penawarannya berada dibawah harga pasaran yang ditawarkan oleh distributor. Dimana distributor biasanya adalah penentu harga jual kepada pengecer di suatu daerah, dimana biasanya pabrik telah menetapkan harga maksimal eceran di setiap daerah yang harus dipatuhi oleh distributor-distributor. Peluang ini perlu untuk dimanfaatkan sebagai strategi untuk pengembangan bisnis pada Toko X. Ada.pun pada penelitian ini, dilakukan Pemodelan Bisnis yang diusulkan, analisa bisnis pada Toko X secara Eksternal (Five Forces & PESTLE), Internal (VRIO & Mckinsey 7S), dan dilakukannya analisa SWOT, kemudian usulan desain sistem ritel B2B. Dari sisi analisa eksternal dengan belum adanya aplikasi serupa maka ini adalah peluang bagi Toko X karena tidak adanya persaingan dan dapat mengembangkan bisnisnya. dengan mendapatkan keuntungan dari penjualan B2B selain dari penjualan B2C yang selama ini didapatkannya. Dari sisi internal dengan Toko X telab memiliki jaringan ritel (penga1aman di industti ritel lebih dari 30 tahun) maka penawaran barang didapatkan secara kontinuitas karena adanya target penjualan/pembelian dari masing-masfog pemasok. Ap1ikasi ritel B2B di desain dengan memiliki modul: pembelian, penjualan, persediaan, logistik, laporan keuangan & rekap data. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Magister Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject PENGEMBANGAN BISNIS en_US
dc.subject DESAIN SISTEM en_US
dc.subject ANALISA INTERNAL en_US
dc.subject FIVE FORCES en_US
dc.subject PESTLE en_US
dc.subject ANALISA EKSTEMAL en_US
dc.subject VRIO en_US
dc.subject MCKINSEY 7S en_US
dc.subject PEMODELAN BISNIS en_US
dc.subject BISNIS DIGITAL en_US
dc.title Strategi pengembangan bisnis pada pengusaha ritel dengan desain sistem penjualan B2B online : studi kasus pada Toko X dan anak perusahaannya di Kota Bandung en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM8082201034
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0410087801
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0413087901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI808#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account