Diplomasi budaya sebagai strategi nation branding Jepang terhadap Indonesia melalui anime : studi kasus Doraemon

Show simple item record

dc.contributor.advisor Putra, Marshell Adi
dc.contributor.author Sasongko, Yohanes Bosco Gery
dc.date.accessioned 2024-07-10T07:18:28Z
dc.date.available 2024-07-10T07:18:28Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp44898
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17554
dc.description 10325 - FISIP en_US
dc.description.abstract Pasca perang dunia ke II Jepang mengalami keterpurukan dalam berbagai aspek karena kekalahan telak yang mereka alami, sehingga diperlukannya peningkatkan citra dan pengaruh mereka, yang kemudian membuat Jepang menggunakan soft power dalam bentuk diplomasi budaya untuk mempengaruhi negara lain, tak terkecuali Indonesia dikarenakan keberagaman budaya yang mereka miliki. Jepang kemudian berhasil bangkit dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat, sehingga bukan hal yang sulit bagi Jepang dalam memperkenalkan budayanya supaya lebih mudah dilirik dan tentunya lebih modern salah satunya melalui anime. Salah satu anime yang memiliki peran cukup besar dalam melaksanakan diplomasi budaya Jepang adalah Doraemon karena popularitasnya bahkan ditunjuknya juga sebagai duta anime. Oleh karena itu, kemudian muncul pertanyaan penelitian terkait “Bagaimana upaya diplomasi budaya melalui anime Doraemon sebagai strategi nation branding Jepang di Indonesia?”. Peneliti disini menggunakan teori soft power, diplomasi budaya, dan nation branding karena dianggap paling relevan dalam membantu menjawab pertanyaan penelitian tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dikaji dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara jelas fakta diplomasi budaya yang diterapkan terkait objek yang diteliti. Melalui penelitian ini dapat ditemukan bahwa upaya diplomasi budaya Jepang melalui anime Doraemon di Indonesia terlihat dari strategi nation branding Jepang yang berhasil meningkatkan citra Jepang terhadap penggemarnya, sehingga kemudian banyak masyarakat Indonesia yang semakin tertarik terhadap Doraemon karena diadakannya beragam kegiatan kebudayaan yang mengusung tema Doraemon. Melalui hal tersebut dapat disimpulkan bahwa upaya diplomasi budaya Jepang melalui anime Doraemon sebagai strategi nation branding terhadap Indonesia berhasil. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject SOFT POWER en_US
dc.subject ANIME en_US
dc.subject DIPLOMASI BUDAYA en_US
dc.subject DORAEMON en_US
dc.subject NATION BRANDING en_US
dc.subject CITRA POSITIF en_US
dc.title Diplomasi budaya sebagai strategi nation branding Jepang terhadap Indonesia melalui anime : studi kasus Doraemon en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6091901152
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411019303
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account