Abstract:
Dengan adanya pandemi Covid-19 yang mulai memasuki Indonesia pada tahun 2020 yang lalu tentu saja akan memengaruhi aktivitas perekonomian masyarakat Indonesia, karena hal tersebut mematikan jalannya proses bisnis hampir di seluruh sektor. Banyak sekali usaha yang terdampak langsung oleh pandemi, tak terkecuali Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). saat ini UMKM juga sudah masuk dalam digitalisasi dengan aktivitas sederhananya yaitu memasarkan secara online serta menjualnya secara online melalui berbagai platform. Seperti halnya UMKM yang menjual jus disekitar kampus Universitas Katolik Parahyangan, yaitu Just Juicy Juice mereka ingin melakukan sebuah pengembangan dan perubahan yang sangat luar biasa dalam rangka untuk keluar dari persaingan dengan bisnis jus lainnya. Dengan keinginannya terdapat perubahan, blue ocean strategy merupakan hal yang sangat tepat. Strategi blue ocean merupakan sebuah strategi dimana perusahaan berusaha untuk keluar dari kondisi persaingan pada suatu industri, yang akan membuat pertumbuhan bisnis akan lebih menguntungkan dan dapat tercipta lebih mudah dan cepat. Metode lainnya dibantu dengan menggunakan SWOT dan juga SCAMPER. Dengan jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif analitis dengan melakukan deskripsi terhadap hasil penelitian dengan data yang selengkap dan sedetail mungkin. Data tersebut diambil dalam proses wawancara dan observasi. Sehingga, dapat disimpulkan dengan menggunakan Blue Ocean Strategy, Just Juicy Juice ini dapat keluar dari persaingan yang jenuh dengan melakukan pengembangan dalam bisnisnya, seperti variasi produk yang bertambah, kemasan yang disesuaikan, fasilitas pengantaran, katering jus, serta sistem penjualan dan pemasaran yang berbeda.