Analisis kualitas pelayanan perizinan berusaha berbasis Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS RBA) pada DPMPTSP Kabupaten Sleman

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetyo, Pius Sugeng
dc.contributor.author Novenaten, Richarda Canda
dc.date.accessioned 2024-07-09T08:10:40Z
dc.date.available 2024-07-09T08:10:40Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp44799
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17508
dc.description 10227 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini didasarkan oleh adanya fenomena yang menunjukan bahwa sistem ini sudah melewati tiga kali perubahan sebagai bentuk dari pengembangan sistem tapi belum berjalan dengan efektif dan efisien. Dalam pelaksanaan pelayanan izin berusaha melalui OSS RBA di DPMPTSP Kabupaten Sleman bisa dikatakan belum memuaskan, hal ini dikarenakan ketika dalam penyelesaian izin usaha seringkali tidak tepat waktu dan pelaku usaha belum sepenuhnya memahami tentang cara pengoperasian sistem OSS RBA. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan pengurusan izin berusaha di DPMPTSP Kabupaten Sleman dengan menggunakan lima dimensi SERVQUAL (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) sebagai tolak ukur kualitas pelayanan seperti yang dikemukakan oleh Valerie A. Zeithaml, A. Parasuraman, dan Leonard L. Berry. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilapangan melalui observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi, serta analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Penelitian ini mengambil sebanyak 15 informan yang terdiri dari Penata Perizinan Ahli Muda Bidang PTSP II, Penata Perizinan Ahli Muda Bidang Penanaman Modal II, Analis Investasi dan Permodalan Usaha, Pengadministrasi Perizinan Bidang PTSP II, Front Office Pelayanan Perizinan Bidang Penanaman Modal I, Tenaga Pendamping Bidang Penanaman Modal II, dan pemohon pelayanan izin usaha berbasis OSS RBA di Kantor DPMPTSP Kabupaten Sleman sebagai informan pendukung. Hasil dari penelitian menunjukan menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik perizinan berusaha di DPMPTSP Kabupaten Sleman dari dimensi tangible yaitu sarana pendukung belum memadai dimana kapasitasnya tidak mampu menampung jumlah pelanggan yang datang mengakibatkan orang merasa tidak nyaman, selain itu fasilitas pengeras suara (speaker) untuk pemanggilan nomor antrian tidak aktif di semua bidang. Jika dilihat dari dimensi reliabilty, petugas belum memberikan informasi yang jelas dan komprehensif tentang syarat-syarat perizinan sehingga masyarakat belum sepenuhnya paham terkait banyak dokumen yang harus disiapkan dalam proses perizinan. Dimensi responsiveness dimana petugas cukup lambat dalam menindaklanjuti pertanyaan ataupun aduan dari masyarakat dan dimensi assurance yang mana petugas juga belum meberikan suatau jaminan kepastian akan waktu penyelesaian perizinan. Sedangkan untuk dimensi empathy pada umumnya petugas telah menunjukan keramahan dalam pelayanan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject PELAYANAN PUBLIK en_US
dc.subject KUALITAS PROSES PELAYANAN en_US
dc.subject LIMA DIMENSI SERVQUAL en_US
dc.subject PERIZINAN BERUSAHA en_US
dc.subject OSS RBA en_US
dc.title Analisis kualitas pelayanan perizinan berusaha berbasis Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS RBA) pada DPMPTSP Kabupaten Sleman en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6071901138
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403096402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account