Abstract:
PT. PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cimahi merupakan
salah satu unit PLN yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada
masyarakat. Berdasarkan hasil wawancara peneliti ditemukan bahwa terdapat 3
indikator kinerja karyawan yang masih belum tercapai sehingga PLN masih berusaha
untuk meningkatkan kinerja para karyawannya, salah satunya dengan terus melakukan
sosialisasi mengenai pentingnya implementasi Budaya AKHLAK. Namun karena
masih baru berlakunya penggunaan Budaya AKHLAK ini, PLN UP3 Cimahi masih
belum mengetahui apakah dengan adanya budaya AKHLAK ini dapat meningkatkan
kinerja karyawan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah budaya organisasi (AKHLAK) berpengaruh terhadap kinerja karyawan di PT. PLN UP3 Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitatif untuk menemukan dan mengetahui adanya pengaruh antara budaya AKHLAK terhadap kinerja karyawan. Data dikumpulkan melalui wawancara dan menyebar kuesioner dalam bentuk Google Forms kepada 49 karyawan yang aktif bekerja di PT. PLN UP3 Cimahi. Peneliti menggunakan skala ordinal untuk pengumpulan data yang kemudian di tranformasikan ke skala interval untuk analisis data menggunakan Metode Succesive Interval (MSI). Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis berdasarkan rumus analisis regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa apabila budaya AKHLAK mengalami
peningkatan sebesar satu satuan maka kinerja karyawan akan diprediksikan mengalami peningkatan sebesar 28,4%. Selain itu dinyatakan juga bahwa budaya AKHLAK memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan PT. PLN UP3 Cimahi sebesar 59,2%.