dc.description.abstract |
Diplomasi budaya merupakan salah satu upaya baru yang dilakukan oleh
berbagai negara di penjuru dunia sebagai sarana nation branding kepada warga
negara lain. Diplomasi budaya disini akan berperan sebagai dasar teori dan didukung
oleh teori nation branding, dimana kedua teori berada di bawah naungan payung
diplomasi publik. Indonesia sendiri sudah melakukan beberapa upaya diplomasi
budaya, dimana salah satunya adalah pembuatan Rumah Budaya Indonesia sebagai
pusat budaya di luar negeri, seperti di Turki. Turki dan Indonesia memiliki hubungan
yang cukup menarik, dimana kedua negara memiliki beberapa kesamaan budaya
dikarenakan oleh kesamaan agama mayoritas yang dianut oleh warga negara
Indonesia dan Turki. Penelitian ini melihat perkembangan Rumah Budaya Indonesia
sebagai alat diplomasi budaya Indonesia di Turki selama periode 2018-2022, dimana
Rumah Budaya Indonesia sendiri menjadi sarana utama diplomasi budaya Indonesia
pada tahun 2020-2022 karena munculnya peraturan impor baru yang diterapkan oleh
Turki. Maka dari itu muncul pertanyaan “Mengapa Rumah Budaya Indonesia dapat
menjadi sarana diplomasi budaya Indonesia yang efektif?”, dan akan didukung
melalui metode penelitian nested case study dimana data yang diambil akan berasal
dari buku, jurnal, artikel, maupun berita serta sumber online lainnya. |
en_US |