Abstract:
Perkembangan industri Indonesia berperan pada pertumbuhan perekonomian
Indonesia, baik pada perekonomian nasional maupun regional. Indonesia memiliki
pasar yang sangat besar dengan jumlah penduduk mencapai 272.229.372
penduduk per Juni 2021 dengan laju pertumbuhan penduduk yaitu 0,98% per
tahun (Kementerian Dalam Negeri, 2021; Badan Pusat Statistik, 2021). Penelitian
ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, dan wawancara dengan beberapa
pemilik dan konsultan coffee shop, dan dilakukan menggunakan beberapa metode
seperti Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Grand Strategy Matrix, SWOT, dan
VRIN. Berdasarkan kesimpulan pada saat ini lebih baik untuk meningkatkan
pengalaman dari konsumen dibandingkan untuk membuka gerai baru. Menurut
strategi The Grand Strategy pada saat ini Meet Manta sebaiknya untuk menahan
dan bertahan karena Meet Manta pada pasar kompetisi yang kuat dan
pengembangan pasar yang cepat. Berdasarkan hal tersebut, dan beberapa strategi
yang telah di tepatkan dilakukan perhitungan bobo QSPM untuk memilih strategi
sesuai dengan responden. Hasilnya ialah strategi pengembangan produk lebih
unggu dibanding dengan penetrasi pasar.