Abstract:
Perguruan tinggi sangat berpengaruh terhadap kemajuan bangsa. Hal ini ditentukan dari sebaik apa kinerja perguruan tinggi tersebut. Pada penelitian ini akan diteliti mengenai bagaimana perspektif dosen dan tenaga kependidikan terhadap pengaruh perilaku kerja inovatif (Innovation Work Behavior/IWB) dan praktik manajemen pengetahuan (Knowledge Management Practices/KMP) terhadap performa organisasi (Organizational Performance/OP) yang berfokus pada performa perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner ke beberapa
perguruan tinggi. Responden yang mengisi kuesioner ini adalah dosen dan tenaga kependidikan (tendik) yang masih aktif bekerja pada perguruan tinggi. Dari 14 perguruan tinggi yang diteliti, terdapat 53 responden dengan 33 responden berprofesi sebagai dosen dan 20 responden merupakan tenaga kependidikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, didapatkan bahwa responden setuju bahwa IWB dan KMP berpengaruh positif sebesar 36,5% terhadap OP pada perguruan tinggi. Dari 28 indikator yang diteliti (9 indikator IWB, 12 indikator KMP, dan 7 indikator OP), terdapat beberapa indikator yang termasuk ke
dalam kategori “Cukup”, yaitu 7 indikator IWB dan 2 indikator KMP.