Abstract:
Penulis telah melaksanakan praktik kerja sebagai staf di Bagian Tata Usaha di Biro
Pengembangan Modal Insani Universitas Katolik Parahyangan beralamat di Jl.
Ciumbuleuit No. 94, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat. Penulis telah
melakukan praktik kerja terhitung sejak 18 April sampai dengan 24 Juni 2022. Praktik kerja
dilaksanakan selama 226 jam 42 menit kerja dengan rata-rata 5 jam kerja per hari sehingga
memenuhi syarat praktik kerja yaitu minimal 200 jam kerja.
Pekerjaan yang dilakukan oleh Penulis selama melakukan praktik kerja yaitu
memindai berkas pegawai Dosen dan Tenaga Kependidikan untuk dimasukkan ke dalam
Google Drive, membantu proses pemutakhiran data pegawai Dosen dan Tenaga
Kependidikan dengan memastikan kelengkapan data pribadi, data kepegawaian dan
riwayat di website SIMPONI dan mengunggah berkas-berkas pegawai Dosen dan Tenaga
Kependidikan seperti jabatan struktural, kelompok pegawai, mutasi dan kesetiaan kerja.
Selama Penulis melakukan kegiatan praktik kerja, Penulis menemukan beberapa masalah
yang terjadi yaitu data nama pegawai ada di spreadsheet tetapi berkas pegawai tersebut
tidak ada di lemari arsip, berkas pegawai yang ada di lemari arsip tetapi nama pegawai
tidak tercantum di spreadsheet, koneksi wifi yang terhambat.
Berdasarkan praktik kerja yang telah dilakukan, Penulis dapat menyimpulkan
bahwa Penulis telah memahami bagaimana cara mengerjakan seluruh pekerjaan yang
Penulis lakukan yang diberikan oleh pembimbing. Penulis dapat memberikan saran bahwa
BPMI UNPAR untuk melakukan pemilahan berkas-berkas yang sudah dipindai ke lemari
arsip yang baru dan dipisahkan dari berkas-berkas yang belum dipindai, perlu melakukan
pembaruan data di spreadsheet secara berkala, dan menempatkan satu router wifi yang
berfungsi untuk menguatkan sinyal wifi.