Kegiatan pengelolaan administrasi di bagian pemasaran PT. Sarana Cipta Unggul (PT. SCU) Bogor

Show simple item record

dc.contributor.advisor Surbakti, Ronny Trian
dc.contributor.author Zulkarnaini, Fakhrul
dc.date.accessioned 2024-05-21T03:11:40Z
dc.date.available 2024-05-21T03:11:40Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other kp2282
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17171
dc.description 787 - PDTM en_US
dc.description.abstract Penulis telah melaksanakan praktik kerja sebagai staf di bagian Administarsi Marketing, Divisi Marketing, di PT Sarana Cipta Unggul (PT SCU), PT SCU beralamat di Jl. Raya Pemda Kedung Halang No.5, Bogor. Penulis telah melakukan praktik kerja terhitung sejak tanggal 18 Februari sampai dengan 22 Maret 2022. Praktik kerja dilaksanakan selama 26 hari kerja atau setara dengan 203 jam kerja dengan rata-rata 8 jam kerja per hari. Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis selama melakukan praktik kerja yaitu Membantu pembuatan data laporan pendapatan dan pengeluaran harian, mingguan maupun bulanan di PT. Sarana Cipta Unggul dalam bentuk Microsoft Excel, membantu pembuatan iklan rental dan sewa alat berat di situs blogger, membantu pembuatan surat penawaran alat berat untuk customer. Selama penulis melakukan kegiatan praktik kerja, penulis menemukan beberapa masalah yang terjadi, yaitu Customer telat melakukan pembayaran, selain itu terdapat juga masalah yang lain seperti bukti pembelian solar hilang. Untuk lebih efisien, sebaiknya PT SCU Untuk lebih efisien disarankan untuk persoalan pembayaran dari pihak customer harus ada perjanjian yang jelas tentang pembayaran agar tidak timbul hutang piutang pada perusahaan dan mengingatkan kepada operator forklift atau karyawan selalu menyimpan bukti pembelian solar atau yang berhubungan dengan uang operasional sehingga tidak merugikan salah satu pihak. Sebaiknya PT SCU melakukan kerja sama dengan pihak ketiga (PT Pertamina) terkait pembelian solar dalam batas kurun waktu tertentu, maksudnya pembelian solar yang dilakukan dalam waktu seminggu atau sebulan didata terlebih dahulu oleh pihak PT Pertamina. Selanjutnya, pihak PT SCU yang akan melunasi ke pihak PT Pertamina. Sebaiknya PT SCU membuat suatu sistem informasi mengenai operasional pengisian bahan bakar yang diperlukan guna antisipasi kecurangan yang dilakukan oleh operator crane dengan contoh membuat aplikasi sederhana yang menghubungkan langsung antara operator crane, pihak pertamina dan perusahaan. Dimana operator crane yang akan mengisi jenis bahan bakar dan jumlah liter yang akan diisi, setelah itu akan muncul barcode sebagai billing dan operator crane memberikan barcode yang akan di scan ke pihak pertamina, lalu pengisian bahan bakar dapat di lakukan. Scan barcode ini akan otomatis mengupdate data tanggal dan waktu pengisian jenis bahan bakar jumlah liter dan total yang akan dibayarkan dan pembayaran akan dilakukan oleh pihak perusahaan langsung melalui rekening perusahaan ke pihak pertamina. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Diploma III Manajemen Perusahaan - FE Unpar en_US
dc.title Kegiatan pengelolaan administrasi di bagian pemasaran PT. Sarana Cipta Unggul (PT. SCU) Bogor en_US
dc.type Final Reports (Diploma) en_US
dc.identifier.nim/npm NPM5031801005
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403048703
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI503#Manajemen Perusahaan


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account