Rekomendasi iklan di platform Twitter dengan memperhatikan unsur dinamis dan penggunaan bahasa

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yogasara, Thedy
dc.contributor.author Binekas, Humam Fawwaz Abiyyu
dc.date.accessioned 2024-04-25T02:39:09Z
dc.date.available 2024-04-25T02:39:09Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44468
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17119
dc.description 6258 - FTI en_US
dc.description.abstract Dengan semakin berkembangnya teknologi dan adanya pandemi COVID-19, masyarakat semakin sering mengandalkan internet untuk hiburan, pendidikan, maupun pekerjaan dan bisnis. Salah satu peluang untuk melakukan promosi di internet adalah melalui platform media sosial. Twitter mengalami penurunan clickthrough rate sebesar 61% yang merupakan penurunan terbesar dari 4 besar media sosial. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan pada rancangan iklan di Twitter. Penelitian ini bertujuan meneliti pengaruh faktor penggunaan bahasa dan unsur dinamis terhadap efektivitas iklan di Twitter. Efektivitas iklan diukur menggunakan metrik durasi dan jumlah fiksasi melalui eye tracking yang juga akan didukung dengan skor recognition dan recall. Penelitian dimulai dengan mempersiapkan high-fidelity prototype untuk timeline Twitter. Dalam timeline tersebut ditampilkan empat iklan berdasarkan kombinasi perlakuan penggunaan bahasa dan unsur dinamis. Kuesioner juga dipersiapkan untuk mengukur skor recognition dan recall. Sebanyak 32 responden diminta untuk membaca prototype timeline Twitter beserta 4 iklan di dalamnya dengan menggunakan eye tracker untuk mengukur metrik durasi dan jumlah fiksasi selama responden membaca. Responden kemudian mengisi kuesioner recognition dan recall. Data yang didapatkan kemudian diolah dengan uji ANOVA dan uji korelasi menggunakan aplikasi Minitab. Ditemukan bahwa terdapat pengaruh dari bahasa serta interaksi faktor bahasa dan unsur dinamis terhadap jumlah fiksasi. Ditemukan juga pengaruh dari unsur dinamis serta interaksi faktor bahasa dan unsur dinamis terhadap skor recall. Iklan menggunakan bahasa Inggris lebih menarik karena mendapatkan jumlah fiksasi lebih banyak atau lebih banyak dilihat oleh pengguna. Iklan bahasa Inggris yang dikombinasikan dengan unsur dinamis mendapatkan skor recall yang lebih tinggi atau cenderung lebih diingat oleh pengguna dibandingkan kombinasi lain. Oleh karena itu, rekomendasi iklan berdasarkan kedua faktor yang diteliti adalah menggunakan bahasa Inggris dan unsur dinamis. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Rekomendasi iklan di platform Twitter dengan memperhatikan unsur dinamis dan penggunaan bahasa en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801212
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412027501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account