dc.contributor.advisor |
Yogasara, Thedy |
|
dc.contributor.author |
Binekas, Humam Fawwaz Abiyyu |
|
dc.date.accessioned |
2024-04-25T02:39:09Z |
|
dc.date.available |
2024-04-25T02:39:09Z |
|
dc.date.issued |
2022 |
|
dc.identifier.other |
skp44468 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/17119 |
|
dc.description |
6258 - FTI |
en_US |
dc.description.abstract |
Dengan semakin berkembangnya teknologi dan adanya pandemi COVID-19,
masyarakat semakin sering mengandalkan internet untuk hiburan, pendidikan, maupun
pekerjaan dan bisnis. Salah satu peluang untuk melakukan promosi di internet adalah
melalui platform media sosial. Twitter mengalami penurunan clickthrough rate sebesar
61% yang merupakan penurunan terbesar dari 4 besar media sosial. Oleh karena itu,
diperlukan perbaikan pada rancangan iklan di Twitter. Penelitian ini bertujuan meneliti
pengaruh faktor penggunaan bahasa dan unsur dinamis terhadap efektivitas iklan di
Twitter. Efektivitas iklan diukur menggunakan metrik durasi dan jumlah fiksasi melalui eye
tracking yang juga akan didukung dengan skor recognition dan recall.
Penelitian dimulai dengan mempersiapkan high-fidelity prototype untuk timeline
Twitter. Dalam timeline tersebut ditampilkan empat iklan berdasarkan kombinasi perlakuan
penggunaan bahasa dan unsur dinamis. Kuesioner juga dipersiapkan untuk mengukur skor
recognition dan recall. Sebanyak 32 responden diminta untuk membaca prototype timeline
Twitter beserta 4 iklan di dalamnya dengan menggunakan eye tracker untuk mengukur
metrik durasi dan jumlah fiksasi selama responden membaca. Responden kemudian
mengisi kuesioner recognition dan recall. Data yang didapatkan kemudian diolah dengan
uji ANOVA dan uji korelasi menggunakan aplikasi Minitab.
Ditemukan bahwa terdapat pengaruh dari bahasa serta interaksi faktor bahasa
dan unsur dinamis terhadap jumlah fiksasi. Ditemukan juga pengaruh dari unsur dinamis
serta interaksi faktor bahasa dan unsur dinamis terhadap skor recall. Iklan menggunakan
bahasa Inggris lebih menarik karena mendapatkan jumlah fiksasi lebih banyak atau lebih
banyak dilihat oleh pengguna. Iklan bahasa Inggris yang dikombinasikan dengan unsur
dinamis mendapatkan skor recall yang lebih tinggi atau cenderung lebih diingat oleh
pengguna dibandingkan kombinasi lain. Oleh karena itu, rekomendasi iklan berdasarkan
kedua faktor yang diteliti adalah menggunakan bahasa Inggris dan unsur dinamis. |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR |
en_US |
dc.title |
Rekomendasi iklan di platform Twitter dengan memperhatikan unsur dinamis dan penggunaan bahasa |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
en_US |
dc.identifier.nim/npm |
NPM6131801212 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0412027501 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI613#Teknik Industri |
|