Abstract:
Penulis telah melaksanakan praktik kerja di PT. Telekomunikasi Indonesia,
Tbk Regional III Jawa Barat, di Jl. Supratman No.66 A, Bandung, Jawa Barat
40122. Penulis telah melakukan praktik kerja selama 200 jam selama 25 hari kerja yang telah dilakukan mulai tanggal 4 Oktober 2021 sampai dengan 5 November 2021. Adapun bidang yang dilakukan oleh penulis adalah bidang administrasi perusahaan. Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis adalah menghubungi mitra binaan untuk penagihan cicilan yang harus dibayarkan maksimal tanggal 10 setiap bulannya (reminding call), memeriksa dan menginput proposal yang akan menjadi calon mitra binaan, dan juga melakukan survei tempat yang akan menjadi mitra binaan. Permasalahan yang penulis hadapi adalah mitra binaan yang sulit dihubungi karena kesalahan nomor telepon yang dicantumkan oleh mitra binaan, misalnya kurang digit pada pencantuman nomor telepon, mitra binaan mengganti nomor telepon tanpa menginformasikannya ke PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Serta mitra binaan yang bisa dihubungi penulis via telepon kadang tidak kooperatif. Misalnya berusaha mencari alasan untuk mematikan teleponnya. Adapun permasalahan dalam mitra binaan yang melakukan permintaan untuk program Bina Lingkungan lebih dari sekali. Secara keseluruhan, penulis mengamati dan menyimpulkan bahwa pelaksaan pekerjaan di unit program kemitraan bagian CDC sudah terlaksana dengan baik. Berdasarkan masalah yang dihadapi oleh penulis selama melaksanakan praktik kerja, penulis menyarankan sebaiknya PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk menambahkan space mengetik pada formulir mitra binaan yang dapat dan yang tidak dapat dihubungi. Dan menindaklanjuti mitra binaan yang tidak dapat dihubungi. Serta mengirimkan surat peringatan untuk mitra binaan yang kurang kooperatif saat ditagih. Jika masih kurang kooperatif juga, sebaiknya PT Telekomunikasi, Tbk memberikan sanksi sesuai kontrak perjanjian.