Abstract:
Beka Coffee and Space merupakan sebuah coffee shop yang berada di
Jababeka, Cikarang. Pada tiga bulan pertama awal tahun 2022 total penjualan Beka
Coffee and Space gagal untuk memenuhi target penjualannya. Tidak tercapainya target
penjualan ini disebabkan karena kurangnya jumlah customer yang datang mengunjungi
Beka Coffee and Space. Maka dari itu perlu dilakukan pencarian calon customer potensial.
Beka Coffee and Space sudah memiliki target pasar yaitu mahasiswa Universitas
President karena berada di lokasi yang berdekatan. Tapi pada realitanya banyak customer
yang bukan merupakan target pasarnya. Maka dari itu perlu dilakukan langkah – langkah
marketing Kotler dari awal dalam mencari calon customer yang baru. Pertama perlu
diketahui segmentasi pasar untuk dapat mengetahui pasar dari orang yang suka
mengunjungi café di Cikarang dan sekitarnya berdasarkan psikografi dan juga
demografinya. Dilakukan penyebaran kuesioner bagi orang yang suka mengunjungi café
di Cikarang untuk mengetahui psikografi dan demografi. Dari beberapa segmen yang
terbentuk dilakukan pemilihan segmen mana yang ingin ditargetkan dan dipenuhi
kebutuhannya. Selanjutnya perlu dibentuk positioning untuk menetapkan image dari Beka
Coffee and Space di mata customer. Dari positioning tersebut diberikan usulan bauran
pemasaran untuk dapat memenuhi positioning tersebut.
Dari 112 responden dibagi menjadi 5 segmen berdasarkan psikografinya dan
ditetapkan 2 segmen yang usulan target pasar utama bagi Beka Coffee and Space.
Didapatkan positioning “Beka adalah tempat nongkrong yang memiliki space yang besar,
pelayanan yang baik, rasa yang enak dengan harga terjangkau”. Selanjutnya dilakukan
usulan bauran pemasaran dengan 7P untuk dapat mendapat positioning tersebut.