Analisis dan rekomendasi untuk mengurangi cybersickness pada Virtual Reality berdasarkan kepribadian pengguna dan kesehatan mata

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theresia, Clara
dc.contributor.advisor Theopilus, Yansen
dc.contributor.author Geraldi, Alfonsius
dc.date.accessioned 2024-03-27T07:48:07Z
dc.date.available 2024-03-27T07:48:07Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44447
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16999
dc.description 6237 - FTI en_US
dc.description.abstract Penggunaan teknologi virtual reality (VR) erat kaitannya dengan cybersickness (CS) yaitu rasa mabuk atau pusing yang timbul akibat perbedaan persepsi dari apa yang dirasakan dan dilihat. Eksperimen dilakukan untuk melihat hubungan CS kepribadian dan kesehatan mata. Hasil studi literatur menunjukan kepribadian dan kesehatan mata dapat mempengaruhi persepsi seseorang sehingga dapat mempengaruhi tingkat CS yang dirasakannya. Tujuan penelitian adakah untuk mengidentifikasi hubungan kepribadian dan kesehatan mata terhadap CS juga membuat rekomendasi untuk menguranginya dalam bidang gaming. Penelitian dilakukan dengan membuat desain eksperimen between subject dengan variabel kepribadian introvert dan extrovert, serta kesehatan mata normal atau tidak. Penelitian awal membuat rancangan eksperimen yang dilanjutkan dengan pilot study untuk menentukan jumlah sampel minimum penelitian serta perbaikan pada eksperimen. Selanjutnya dilakukan pengumpulan data partisipan berupa kepribadian, kesehatan mata, completion time dan virtual reality score questionaire (VRSQ) score. Pengumpulan data dilakukan terhadap 36 partisipan dan kemudian diolah secara setelah mencukupi. Data diuji asumsi klasik dan dicari hubungannya dengan two-way ANOVA. Setelah mengetahui adanya hubungan, dilakukan Post-Hoc Test (Uji Tukey) untuk menemukan kelompok yang paling signifikan. Hasil pengolahan data menunjukan adanya hubungan antara kepribadian dan kesehatan mata terhadap CS (P-Value < 0,05). Kepribadian introvert dan kondisi mata tidak normal berpengaruh secara signifikan terhadapnya. Dari hasil penelitian, direkomendasikan untuk dibuat pengaturan mengurangi screenshake, membatasi waktu bermain, memilih permainan yang tepat, dan melakukan oculomotor exercise sebelum bermain. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Analisis dan rekomendasi untuk mengurangi cybersickness pada Virtual Reality berdasarkan kepribadian pengguna dan kesehatan mata en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801166
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0415019103
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426059402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account