Abstract:
Keruntuhan pada lereng jalan salah satunya diakibatkan oleh banjir di kaki lereng. Pada kasus longsor cara menentukan sudut geser residual pada saat longsor dapat dicari dengan metode R interface. Nilai parameter tanah yang dipakai pada saat menghitung R interface sesuai data sebenarnya, dengan metode Trial and error dicari nilai R interface untuk mendapatkan faktor keamanan 1,00. Cara menentukan nilai Rinterface dengan cara trial and error dengan bantuan perangkat lunak PLAXIS 2D metode Mohr Coulomb didapatkan nilai Rinterfac= 0,175 dengan hasil safety factor 1,0843. Menggunakan program PCA Column dan perangkat pendukung lain , didapatkan solusi perkuatan lereng menggunakan borepile diameter 880 mm pada baris 1 pada pertengahan bidang longsor dengan jarak antar tiang 1 meter dengan kedalaman 14 meter dan borepile baris kedua dengan diameter 880 mm dengan jarak antar tiang 2 meter dengan kedalaman 20 meter dan Ground anchor 2 layer didapatkan nilai keamanan 1,798. Penelitian dilanjutkan dengan membandingkan dengan menggunakan program Plaxis 3D menghasilkan nilai Safety factor kurang lebih 50% lebih besar, dibandingkan dengan Plaxis 2D.