Abstract:
Salah satu masalah pada dunia industri adalah masalah penempatan barang, masalah ini dapat
disebut sebagai masalah Strip Packing, Masalah Strip Packing merupakan permasalahan peletakan
sekumpulan objek ke dalam sebuah kontainer persegi (panjang), dan dibutuhkan simulasi
untuk menyelesaikan masalah tersebut. Simulasi membutuhkan biaya, waktu, dan tenaga kerja
yang besar jika dilakukan secara manual(coba-coba) sehingga menimbulkan permasalahan lain
seperti rusaknya kualitas barang, untuk itu dibutuhkan simulator yang dapat menangani masalahmasalah
tersebut. Simulator yang dibangun dapat memvisualisasikan peletakan sekumpulan
objek di dalam kontainer dan dapat membandingkan hasil akhir setiap heuristik.
Pada skripsi ini digunakan 3 heuristik yang berbeda dalam menyelesaikan masalah tersebut,
yaitu Bottom-Up Left-Justified (BL), Next-Fit Decreasing-Height (NFDH), dan First-Fit
Decreasing-Height (FFDH), yang digunakan untuk mencari letak item pada kontainer yang
digunakan untuk menampung item tersebut. Untuk membandingkan kualitas dari setiap heuristik,
digunakan perbandingan menggunakan tinggi kontainer akhir yang dihasilkan oleh
masing-masing heuristik.
Dari pengujian yang telah dilakukan, heuristik Bottom-Up Left-Justified (BL) cocok digunakan
untuk memproses dataset yang digunakan pada penelitian ini karena persentase nilai
normalisasi dari perbedaan tinggi optimum dengan hasil akhir program pada heuristik ini
merupakan nilai yang paling kecil dibandingkan dengan heuristik lain yang digunakan pada
penelitian ini, selain hal tersebut simulator yang dibangun dapat menghasilkan nilai akhir yang
dibutuhkan. Beberapa hal yang dapat dilakukan selanjutnya adalah menggunakan heuristik lain
untuk pemproses dataset masukan, dan memodifikasi masukan ketika memproses masukan data