Abstract:
Pandemi Covid-19 yang terjadi telah membuat beberapa negara dan beberapa sektor dalam
negara terguncang, hal ini dikarenakan penurunan pendapatan seseorang akibat keterbatasan
tatap muka antar masyarakat pada suatu negara. Namun hal ini berbeda dengan Korea Selatan,
dimana negara ini terus mengembangkan ekonomi nya dengan cara penyebaran Korean Wave.
Budaya pop ini berhasil menstimulasi industri lainnya seperti industri kecantikan (K-Beauty),
produk kosmetik dan produk perawatan kulit menjadi senjata utama K-Beauty dalam menjajaki
pasar kecantikan di beberapa negara seperti Indonesia. Terdapat banyak sekali merek kecantikan
yang terkenal di Indonesia, namun kepada beberapa generasi produk Korea Selatan menjadi
produk andalannya. Dipengaruhi oleh idola dari budaya pop Korea Selatan menjadi faktor utama
dari kecintaan masyarakat Indonesia akan produk kecantikan tersebut. Dengan menggunakan
metode kualitatif dan dianalisis menggunakan teori Liberalisme, Diplomasi Kebudayaan, dan
Bandwagon Effect, penulis akan menganalisis dampak dari munculnya pandemi Covid-19 yang
mempengaruhi daya beli masyarakat secara menyeluruh terhadap produk kecantikan milik Korea
Selatan yang dipengaruhi oleh Korean Wave.