Abstract:
Tujuan utama dari penelitian ini merupakan untuk menganalisis upaya slogan
Wonderful Indonesia dalam Menarik wisatawan Rusia ke Indonesia. Indonesia
memiliki sektor pariwisata yang cukup terkenal dimata dunia. Salah satu program
pemerintah dalam pengembangan sektor pariwisata merupakan slogan Wonderful
Indonesia. Wonderful Indonesia sebagai brand Pariwisata Indonesia harus dapat
membentuk citra baik di dunia Internasional. Oleh karena, itu pertanyaan yang perlu
dijawab adalah Bagaimana upaya-upaya Indonesia melalui program Wonderful
Indonesia dalam Menarik wisatawan asal Rusia ? Dalam melakukan analisis konsep
Nation Branding dan diplomasi digital akan penulis gunakan untuk menjelaskan
bagaimana Wonderful Indonesia sebagai kampanye pariwisata dapat mempengaruhi
tingkat ketertarikan wisatawan Rusia. Konsep nation Branding yang digunakan
menerapkan pengaplikasian strategi pemasaran perusahaan pada negara. Didukung
dengan konsep diplomasi digital yang memanfaatkan internet dan media sebagai cara
baru dalam berdiplomasi. Penelitian ini menyimpulkan Wonderful Indonesia
mengimplementasikan 4 strategi pemasaran perusahaan dalam mempromosikan
pariwisata indonesia yaitu periklanan, kegiatan & pengalaman, publikasi, dan
marketing langsung. Indonesia juga memanfaatkan media digital seperti website dan
media sosial untuk menarik wisatawan asal Rusia dengan bantuan KBRI dan
masyarakat, dalam mempromosikan Wonderful Indonesia.