Abstract:
Penelitian ini mengkaji daya dukung aksial tekan dan tarik dari inovasi pada fondasi tiang pancang yang menggunakan multi-tapered yang terinspirasi dari saluran keluar regulator gas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatan daya dukung dari fondasi tiang karena metode yang digunakan pada masa kini yaitu dengan memperbesar ukuran fondasi dinilai kurang efektif dari segi teknis. Pemodelan numerik pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan PLAXIS 2D. Tanah studi kasus yang digunakan pada penilitian ini berasal dari proyek LRT Palembang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan daya dukung aksial tekan dan tarik dari fondasi tiang yang diberikan multi-tapered ini. Dengan peningkatan yang signifikan terjadi pada fondasi yang memiliki taper sepanjang 1/3 dari panjang tiang yang diukur dari dasar tiang dengan sudut 13 derajat. Penambahan jumlah taper lebih daripada itu mengakibatkan peningkatan pada daya dukung namun peningkatan tersebut hanya meningkatkan daya dukung dari fondasi secara linear dan tidak meningkat secara drastis.