Abstract:
CV. Indobuild Wahana Karya (CV. IWK) merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa konstruksi yang mengerjakan proyek general kontraktor seperti proyek struktur, arsitektur, interior dan eksterior di Jakarta Barat. Ketatnya persaingan di industri ini membuat CV. Indobuild Wahana Karya mengharuskan perusahaan memanfaatkan peluang dan melakukan strategi alternatife yang tepat untuk dapat bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui keunggulan dan keterbatasan yang dimiliki CV. Indobuild Wahana Karya, posisi strategis CV. Indobuild Wahana Karya dalam industri dan mengetahui usulan strategis yang dapat diterapkan CV. Indobuild Wahana Karya. Penelitian ini menggunakan 3 tahapan metode strategi yaitu, tahap pertama; input, untuk mengidentifikasi faktor eksternal dan internal perusahaan dengan cara wawancara kepada narasumber perusahaan, dan Competitive Profile Matrix (CPM) digunakan untuk menentukan posisi strategis perusahaan dalam industri. Orde kedua; perbandingan dengan matriks internal eksternal (IE) dan matriks SWOT. Tahap terakhir adalah menentukan alternatif strategi yang dapat diterapkan melalui CV. Indobuild Wahana Karya menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukan posisi strategis CV. Indobuild Wahana Karya berada di sel V (hold and maintain), sehingga strategi yang cocok di terapkan oleh CV. Indobuild Wahana Karya adalah strategi market penetration. Hasil analisis dengan menggunakan metode QSPM menunjukan hasil yang sama yaitu memaksimalkan kegiatan pemasaran