Analisis environmental concern dalam keputusan pembelian produk sustainable fashion

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nawangpalupi, Catharina Badra
dc.contributor.author Mahardhika, Monique Mega
dc.date.accessioned 2023-10-23T07:08:26Z
dc.date.available 2023-10-23T07:08:26Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other tes2280
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16427
dc.description TES-PMTI MAH a/23 en_US
dc.description.abstract Rendahnya keputusan pembelian konsumen terhadap produk sustainable fashion dan tingginya pembelian konsumen terhadap produk fast fashion dapat menyebabkan berbagai masalah di sosial. Sebagai contoh, upah tenaga kerja yang rendah dan permasalahan lingkungan seperti tercemarnya sungai akibat penggunaan bahan pewarna kimia. Muncul kekhawatiran khususnya bagi pelaku usaha yang kemudian menghadirkan produk sustainable fashion dengan tujuan lebih memperhatikan kesejahterahan pekerja dengan mempekerjakan pengrajin lokal, fair trade, Cruelty free dan menggunakan material ramah lingkungan. Rendahnya keputusan pembelian konsumen terhadap produk sustainable fashion menjadikan beberapa merek sustainable fashion berkolaborasi dengan influencer. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan analisis peran influencer dalam meningkatkan keputusan pembelian terhadap produk sustainable fashion. Penelitian bertujuan untuk mengeksplor faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, mengeksplor peran influencer sebagai moderator, dan memberikan rekomendasi kepada pihak yang terlibat. Pendekatan penelitian ini ialah kuantitatif menggunakan metode analisis penelitian kepustakaan dan olah data menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian secara langsung ialah environmental concern dan eco-label. Selain itu, peran influencer terbukti memoderasi hubungan antara variabel environmental concern terhadap keputusan pembelian dengan arah hubungannya negatif. Usulan yang diberikan pada pihak produsen ialah dapat memprioritaskan penjulan ke konsumen dengan environmental concern yang tinggi, serta dapat menggunakan kemasan eco-label dan material terverifikasi ramah lingkungan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Magister Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject SUSTAINABLE FASHION en_US
dc.subject KEPUTUSAN PEMBELIAN en_US
dc.subject KNOWLEDGE en_US
dc.subject ECO-LABEL en_US
dc.subject ENVIRONMENTAL CONCERN en_US
dc.subject INFLUENCER en_US
dc.title Analisis environmental concern dalam keputusan pembelian produk sustainable fashion en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM8132001011
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404127301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI813#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account