Lean six sigma pada pelayanan publik (studi kasus : pelayanan verifikasi standar ukuran dan kalibrasi alat ukur metrologi teknis)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nawangpalupi, Catharina Badra
dc.contributor.author Julian
dc.date.accessioned 2023-10-19T03:40:33Z
dc.date.available 2023-10-19T03:40:33Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other tes2267
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16373
dc.description TES-PMTI JUL l/20 en_US
dc.description.abstract Lean Six Sigma merupakan salah satu metodologi perbaikan kualitas yang menggabungkan antara prinsip Lean dengan Six Sigma. Penggunaan metodologi ini di sektor publikkhususnya pelayanan publik relatif masih sedikit. Penelitian ini membahas bagaimana penerapan Lean Six Sigma pada pelayanan publik terutama pada pelayanan verifikasi standar ukuran dan kalibrasi alat ukur metrologi teknis. Pelayanan ini belum mencapai sasaran mutu yang ditetapkan dan masih terdapat pemborosan.Tools yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Value Stream Mapping dari Lean digabungkan dengan Diagram Fishbone, Diagram Pareto, dan Failure Mode and Effects Analysis (FMEA) dari Six Sigma. Hasil penelitan menunjukkan bahwa Lean Six Sigma mampu mengidentifikasi pemborosan sepanjang value stream, mengidentifikasi penyebab permasalahan, dan menghasilkan 15 rekomendasi perbaikan. 3 rekomendasi yang visible untuk diterapkan pada tahun 2019 berpengaruh pada kenaikan kinerja layanan tahun 2019 jika dibandingkan tahun 2018 dari Januari sampai Agustus. Sedangkan 2 dari 3 rekomendasi yang visible dapat meningkatkan level sigma pada kinerja laboratorium yang merupakan salah satu bagian dari kinerja pelayanan. Selain itu, dengan menggabungkan data identifikasi pemborosan yang berasal dari VSM dan Diagram Fish bone ke dalam FMEA maka analisis yang dilakukan dapat lebih komprehensif en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Magister Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject LEAN SIX SIGMA en_US
dc.subject VALUE STREAM MAPPING (VSM) en_US
dc.subject DIAGRAM FISHBONE en_US
dc.subject DIAGRAM PARETO en_US
dc.subject FAILURE MODE AND EFFECTS ANALYSIS (FMEA) en_US
dc.title Lean six sigma pada pelayanan publik (studi kasus : pelayanan verifikasi standar ukuran dan kalibrasi alat ukur metrologi teknis) en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017881001
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404127301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI881#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account