Abstract:
Lean Six Sigma merupakan salah satu metodologi perbaikan kualitas yang menggabungkan antara prinsip Lean dengan Six Sigma. Penggunaan metodologi ini di sektor publikkhususnya pelayanan publik relatif masih sedikit. Penelitian ini membahas bagaimana penerapan Lean Six Sigma pada pelayanan publik terutama pada pelayanan verifikasi standar ukuran dan kalibrasi alat ukur metrologi teknis. Pelayanan ini belum mencapai sasaran mutu yang ditetapkan dan masih terdapat pemborosan.Tools yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Value Stream Mapping dari Lean digabungkan dengan Diagram Fishbone, Diagram Pareto, dan Failure Mode and Effects Analysis (FMEA) dari Six Sigma. Hasil penelitan menunjukkan bahwa Lean Six Sigma mampu mengidentifikasi pemborosan sepanjang value stream, mengidentifikasi penyebab permasalahan, dan menghasilkan 15 rekomendasi perbaikan. 3 rekomendasi yang visible untuk diterapkan pada tahun 2019 berpengaruh pada kenaikan kinerja layanan tahun 2019 jika dibandingkan tahun 2018 dari Januari sampai Agustus. Sedangkan 2 dari 3 rekomendasi yang visible dapat meningkatkan level sigma pada kinerja laboratorium yang merupakan salah satu bagian dari kinerja pelayanan. Selain itu, dengan menggabungkan data identifikasi pemborosan yang berasal dari VSM dan Diagram Fish bone ke dalam FMEA maka analisis yang dilakukan dapat lebih komprehensif