Description:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari dan mengevaluasi cara menetapkan anggaran biaya pemasaran meneliti apakah biaya pemasaran mempunyai pengaruh positif terhadap omset penjualan serta mengetahui apakah pengendalian biaya pemasaran mempunyai pengaruh terhadap pengendalian laba
perusahaan.
Obyek penelitian ini adalah PT "MEFROFARM". yang bergerak
dalam bidang farmasi. PT "MEPROFARM" berkedudukan di Bandung Jawa Barat.
Dalam penelitian ini dibahas mengenai pengaruh
pengendalian biaya pemasaran terhadap pengendalian laba.
Sebelum membahas hubungan antara kedua variabel tersebut.
terlebih dahulu penulis menganalisa mengenai peranan biaya
pemasaran terhadap omset penjualan.
Dari hasil pengujian peranan biaya pemasaran terhadap omset penjualan yang menggunakan analisa regresi dan korelasi Pearson dapat disimpulkan bahwa biaya pemasaran mempunyai pengaruh positif terhadap omset penjualan. Sedangkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Pengendalian Biaya Pemasaran
terhadap Pengendalian Laba Perusahaan dengan menggunakan analisa korelasi Rank Spearman dapat disimpulkan bahwa pengendalian biaya pemasaran mempunyai pengaruh terhadap pengendalian laba.