Abstract:
Interactive Digital Learning Environment (IDE) baru-baru ini mengalami
peningkatan dan beberapa dosen serta mahasiswa menghadapi kesulitan dalam mengaksesnya. Hal ini tercermin dari masih banyaknya dosen yang menggunakan aplikasi lain seperti Google Classroom sebagai sarana pembelajaran daring. Kepuasan pengguna dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya: kualitas sistem dan kualitas informasi. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) Menganalisis
pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna Interactive Digital Learning
Environment (IDE), (2) Menganalisis pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan
pengguna Interactive Digital Learning Environment (IDE), (3) Menganalisis pengaruh kualitas sistem dan kualitas informasi secara bersama-sama terhadap kepuasan pengguna Interactive Digital Learning Environment (IDE). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah hypotheticodeductive method. Objek penelitian ini adalah sistem informasi IDE, dengan sampel penelitian terdiri dari 106 mahasiswa aktif di Universitas Katolik Parahyangan serta metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas sistem memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna IDE. (2) Kualitas informasi memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna IDE. (3) Kualitas sistem dan kualitas informasi secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna IDE. Semakin baik persepsi terhadap kualitas sistem dan kualitas informasi, maka kepuasan pengguna akan semakin meningkat.