Abstract:
Toko Garasi Golf adalah perusahaan baru yang menjual berbagai produk dan perlengkapan golf yang terletak di Albatross driving range Bumi Serpong Damai. Garasi Golf baru berjalan kurang lebih satu tahun dan masih memiliki penjualan yang fluktuatif. Berdasarkan data yang didapat, diketahui bahwa target penjualan pada perusahaan masih belum tercapai. Pihak owner menyatakan salah satu faktor pemasaran menjadi permasalahan utama dimana pihak Garasi Golf masih belum mengetahui secara jelas karakteristik konsumen dan target pasar yang ditempuh. Maka dari itu untuk bertahan dan bersaing dengan kompetitornya Garasi Golf membutuhkan strategi yang baik dalam menjalankan perusahaannya.Berdasarkan permasalahan tersebut, metode terpilih untuk menjadi fondasi pemasaran bagi Garasi Golf adalah metode segmenting, targeting, dan positioning. Pembagian kuesioner dilakukan dengan target responden orang yang kerap berbelanja perlengkapan golf. Hasil kuesioner kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta diolah dengan menggunakan metode k-means clustering. Hasil segmentasi tersebut didapatkan lima cluster responden yang memiliki karakteristik masing-masing. Selanjutnya dilakukan targeting kepada salah satu segmen dengan karakteristik terbaik dan sesuai dengan perusahaan. Cluster pertama terpilih sebagai primary target yaitu pada segmen Affordable comfortable store. Positioning dilakukan kepada Garasi Golf dimana terdapat dua kompetitor utama sebagai acuan pada perceptual map. Usulan bauran pemasaran 7P yang terdiri dari product, price, promotion, place, process, people, dan physical evidence dilakukan untuk Garasi Golf.