Abstract:
Salah satu tujuan pembangunan sistem transportasi adalah untuk membangun sarana transportasi umum yang ramah pengguna yang dapat diakses oleh semua orang dan dari setiap lokasi. Namun akses angkutan umum ramah difabel dinilai kurang di Jakarta atau tidak terpelihara dengan baik atau digunakan sebagaimana mestinya. Isu ini menyiratkan ketidaksetaraan dan pengucilan sosial penyandang disabilitas, termasuk pengguna kursi roda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna kursi roda terhadap aksesibilitas di stasiun MRT Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner kepada pengguna kursi roda serta pengukuran langsung. Indeks Kepuasan Pelanggan (CSI), Importance-Performance Analysis (IPA), dan analisis nonparametrik digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa pengguna kursi roda merasa puas dengan aksesibilitas di stasiun MRT Jakarta. Empat area perbaikan terdiri dari penempatan objek, ukuran font dan kecerahan papan informasi, ketinggian toilet, dan prioritas penggunaan ruang tunggu prioritas.