Abstract:
Penelitian ini membahas tentang diplomasi digital yang dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri Jerman untuk memperkenalkan bahasa Jerman ke dunia. Pada umumnya, upaya memperkenalkan bahasa Jerman dilakukan secara tradisional melalui acara kebudayaan, Goethe Institute, dan sebagainya. Tetapi, Jerman mengembangkan upaya diplomasinya dengan menggunakan Instagram. Berdasarkan pernyataan tersebut, peneliti membuat pertanyaan penelitian yaitu bagaimana “Bagaimana pemanfaatan konten Instagram @deutschland_de dalam diplomasi digital mengenai bahasa Jerman?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan teori agenda setting dan presence expansion dengan metode penelitian analisis konten. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, isi konten Instagram dari akun @deutschland_de berbentuk unggahan dalam bentuk foto dan video, yang disertai dengan ilustrasi maupun terjemahan bahasa Inggris. Akun @deutschland_de memiliki jumlah pengikut
sebanyak 324.801 orang dan konten dengan #LearnGerman yang paling banyak memiliki tanda disukai mencapai 10.286. Peneliti menyimpulkan bahwa konten Instagram @deutschland_de berhasil dimanfaatkan menjadi sarana diplomasi digital untuk memperkenalkan bahasa Jerman oleh Kementerian Luar Negeri Jerman.