Abstract:
Film merupakan sebuah media komunikasi massa yang dikenal efektif
untuk menyampaikan pesan serta pengaruh kepada audiens yang menyaksikan
secara luas. Jepang berupaya memperkuat soft powernya dalam menyebarkan
pengaruh dan memproyeksikan citra baru negaranya melalui berbagai produk
budaya pop, salah satunya film sebagai bentuk diplomasi publik Jepang. Penelitian
ini mengkaji lebih dalam mengenai upaya diplomasi publik negara Jepang
dalam memperbaiki nation branding-nya melalui film animasi “Grave of The
Fireflies” (Hotaru No Naka) sebagai salah satu film animasi berlatarkan Perang
Dunia II yang sangat populer di Jepang. Dengan menggunakan metode kualitatif
dari studi kasus melalui film, kajian literatur juga pelaksanaan Focus group
Discussion, tulisan ini ditujukan untuk melihat bagaimana pesatnya perkembangan
industri kreatif di negara, dalam hal ini Film Grave of The Fireflies (Hotaru No
Naka) dapat digunakan negara Jepang sebagai instrumen pelaksanaan diplomasi
publiknya sebagai upaya pelaksanaan nation branding-nya.