Abstract:
British Exit atau yang lebih dikenal dengan singkatan Brexit merupakan kasus dimana Inggris didorong untuk keluar dari keanggotaan Uni Eropa. Dorongan ini berasal dari masyarakat Inggris yang merasa terlalu banyak merugi selama berada di bawah kebijakan Uni Eropa. Kehebohan fenomena Brexit mengundang perhatian masyarakat dan media internasional. The Sun sebagai salah satu media terpopuler di Inggris telah menyajikan beritaberita dari Brexit terutama pada periode tahun 2016-2020 ketika isu ini mengemuka. The Sun memainkan berbagai peran yang dapat dikategorisasikan sesuai peran utama media, diantaranya; shaping, mirroring, dan representing. The Sun melalui berita-beritanya dapat
memicu kekuatan pandangan Euroskeptis pada masyarakat Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab, “Bagaimana peran media The Sun dalam perkembangan pandangan euroskeptis masyarakat Inggris terhadap kasus Brexit (tahun 2016-2020)?”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data studi pustaka melalui buku, jurnal, dan artikel berita yang dilengkapi dengan penggunaan analisis
isi. Dengan menggunakan teori konstruktivisme, konsep framing, opini publik dan model komunikasi Paul Hodkinson, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang paling mendominasi adalah The Sun sebagai representasi masyarakat Inggris.