Sistem keamanan bank (Cybersecurity) dan customer service quality terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan electronic banking

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurnia, Tanto
dc.contributor.author Widjaja, Celia Amelia
dc.date.accessioned 2023-08-23T06:19:40Z
dc.date.available 2023-08-23T06:19:40Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43559
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15781
dc.description 25013 - FE en_US
dc.description.abstract Tingkat penggunaan perangkat teknologi yang meningkat pesat dan berkembangnya teknologi informasi dengan cepat menjadi kebutuhan masyarakat dalam menjalani kegiatan sehari-hari, terutama dalam aktivitas bertransaksi. Meningkatnya penggunaan perangkat teknologi tidak terlepas dari meningkatnya kejahatan cyber dalam dunia digital sehingga diperlukan sistem keamanan bank (cybersecurity) yang memadai agar dapat menjaga informasi nasabah serta memberikan layanan yang baik dengan tujuan memberikan kepuasan kepada konsumen. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sistem keamanan bank (cybersecurity) dan customer service quality terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan electronic banking. Tingginya kebutuhan bertransaksi digital perlu diikuti dengan adanya sistem keamanan yang memadai dan akan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan electronic banking. Selain itu, customer service yang baik juga akan memberikan kepuasan bagi nasabah dimana hal tersebut memiliki peran penting dalam meningkatkan pendapatan serta citra perusahaan. Dalam menyediakan layanan electronic banking, bank harus dapat memberikan kenyamanan pada nasabah dalam bertransaksi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada mahasiswa pengguna electronic banking pada beberapa kampus yang ada di kota Bandung. Penelitian ini telah mengumpulkan data sebanyak 100 responden dan dari data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis regresi atas variabel-variabel yang dapat berpengaruh. Hasil yang diperoleh yaitu kedua variabel baik sistem keamanan bank (cybersecurity) maupun customer service quality berpengaruh secara signifikan dan juga memberikan pengaruh yang positif terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan electronic banking. Meskipun bank sudah menggunakan teknologi digital dan meningkatkan sistem keamanan, bantuan customer service dapat lebih memberikan kepuasan dan kepercayaan bagi nasabah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perbankan perlu memperhatikan dan terus meningkatkan upaya dalam hal sistem keamanan cyber dalam memberikan kepuasan bagi konsumen dan tingkat kepuasan tersebut juga dapat bergantung dari kuaslitas jasa yang diberikan kepada nasabah. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject kepuasan konsumen en_US
dc.subject Electronic Banking en_US
dc.subject cybersecurity en_US
dc.subject customer service quality en_US
dc.subject sistem keamanan bank en_US
dc.title Sistem keamanan bank (Cybersecurity) dan customer service quality terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan electronic banking en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6041901023
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account