Abstract:
Evaluasi merupakan hal yang sangat vital dalam melaksanakan suatu implementasi program kebijakan. Indikasi masalah dalam penelitian itu terletak pada kesesuaian dan ketidaksesuaian terhadap peraturan Program BOS yang telah dibuat Karena berperan sangat penting, peneliti benninat untuk menggali lebih dalam kajian fenomena tentang evaluasi dana bos. Evaluasi merupakan proses pengukuran, maka dari itu kita dapat mengukur sejauhmana implementasi program BOS bisa berjalan. Dalam Evaluasi ini peneliti akan mengacu pada Permendikbud Nomor 80 tahun 2015. Peneliti akan membandingkan peraturan tersebut dengan konsep Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan yang dipilih study kasus, untuk memperoleh validitas data peneliti menggunakan metode trianggulasi. Sementara itu peneliti akan mencoba mengumpulkan data dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan pengamatan di sekolah tersebut.Sumber data akan dilakukan kepada lembaga sekolah terkait seperti kepala sekolah, komite sekolah, bendahara, dan murid. Peneliti akan melakukan wawancara dengan informan tersebut, kemudian melakukan pengamatan terhadap pembelian dari anggaran BOS, dan
melakukan dokumentasi terhadap laporan anggaran BOS. Untuk hasil temuan penelitian lapangan, peneliti melakukan proses evaluasi terhadap program BOS yang berjalan pada tahun 2015, sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan dan menemukan fakta bahwa secara keseluruhan Program BOS di sekolah tersebut berjalan sesuai dengan norma standar, prosedur, dan kriteria yang tertib dan sesuai aturan yang berlaku. Atas pernyataan tersebut peneliti memberikan saran yang penting bahwa pihak sekolah perlu mempertahankan implementasi yang telah berjalan dengan efektif dan effisien tersebut dan memperbaiki standar pengelolaan buku yang menurut peneliti belum berjalan sesuai aturan yang berlaku.