dc.description.abstract |
Jembatan merupakan infrastruktur yang dapat menunjang aktivitas keseharian karena jembatan merupakan infrastruktur transportasi yang dibuat dengan tujuan menghubungkan dua tempat untuk mempermudah lalu lintas. Jembatan di Indonesia perlu memiliki ketahanan terhadap beban gempa karena kondisi geografis Indonesia yang terletak pada ring og fire dan dijepit oleh 3 lempeng besar yaitu lempeng Indo-Australia yang bergerak ke arah Utara, lempeng Pasifik yang bergerak ke arah barat, dan lempeng Eurasia yang bergerak ke arah timur yang dilihat dari pergerakan lempeng tersebut yang semuanya bergerak ke arah Indonesia. Untuk menanggulangi hal tersebut, perlu adanya evaluasi dan rehabilitas terhadap elemen pier jembatan. Rehabilitas yang digunakan adalah rehabilitasi lokal dengan fokus pada metode concrete dan steel jacketing. Dari hasil rehabilitasi, metode concrete jacketing dapat meningkatkan kekuatan lentur dan aksial kolom sehingga cukup untuk memenuhi peningkatan gaya yang terjadi dengan pengkondisian beban gempa yang naik, tetapi untuk metode street jacketing yang bisa dicapai hanya peningkatan pada gaya lentur karena pada umumnya street jacketing digunakan untuk meningkatkan kekuatan struktur. Peningkatan kekuatan pier terhadap gaya dalam aksial dan lentur dapat terlihat dari diagram interaksi pier. Pada jembatan terhadap hubungan balok-balok yaitu string beam-weak column, hubungan ini mengharuskan balok pada jembatan memiliki kekuatan yang lebih besar dari kolom atau pier jembatan dan setelah dilihat melalui kurva hubungan momen-kurvatur kekuatan balok masih lebih besar dari kolom atau pier yang sudah direhabilitasi, Pier jembatan bersifat getas terhadap tekan dan daktil terhadap tarik. Kekuatan pier terhadap momen meningkat terlihat dari kendutan yang terjadi pada nilai kendutan yang sama. Untuk rehabilitasi terhadap peningkatan beban aksial tekan lebih baik menggunakan metode concrete jacketing daripada steel jacketing karena street jacketing tidak didesain untuk menerima beban aksial. |
en_US |