Pengaruh likuiditas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen : studi kasus pada perusahaan sektor industri barang konsumen primer tahun 2018-2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahayu, Puji Astuti
dc.contributor.author Amelia, Christovera
dc.date.accessioned 2023-07-20T02:15:44Z
dc.date.available 2023-07-20T02:15:44Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43218
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15521
dc.description 24912 - FE en_US
dc.description.abstract Persaingan ekonomi dalam dunia ekonomi digital ini semakin ketat, dimana perusahaan akan terus berlomba – lomba dalam membuktikan keberhasilannya dengan mendapatkan pangsa pasar seluas-luasnya demi mencapai tujuan pertumbuhan perusahaan. Salah satu cara pembuktian keberhasilan perusahaan tersebut adalah melalui pengembalian yang dibagikan oleh perusahaan kepada pemegang sahamnya baik dalam bentuk capital gain ataupun dividen. Capital gain adalah pengembalian dari selisih kenaikan harga saham sedangkan dividen adalah pengembalian dari distribusi laba yang didapatkan perusahaan di tahun berjalan ataupun di tahun sebelumnya. Beberapa investor dapat menganggap capital gain sebagai pengembalian yang tidak pasti sehingga lebih memilih untuk mendapatkan pengembaliannya dari pembagian dividen. Kebijakan dividen perusahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Kemampuan perusahaan dalam melunasi liabilitas jangka pendeknya akan berpengaruh pada kemampuannya untuk membagikan dividen. Selain itu, kemampuan perolehan laba perusahaan juga menjadi pertimbangan untuk penentuan kebijakan dividen suatu perusahaan. Perusahaan terbagi menjadi beberapa kelompok ukuran, mulai dari mikro, kecil, menengah hingga besar. Besarnya ukuran perusahaan juga dapat menjadi faktor penentu keputusan kebijakan dividen suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan sektor industri barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan dapat diperoleh data sampel sebanyak 32 perusahaan yang memenuhi kriteria. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari data keuangan pada laporan keuangan maupun laporan tahunan perusahaan yang dapat diakses dari website perusahaan atau BEI, jurnal-jurnal referensi, maupun buku literatur. Penelitian ini menggunakan metode hypothetico – deductive dan pengolahan data akan dilakukan dengan program Eviews 12. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel likuiditas dan profitabilitas berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Sedangkan variabel ukuran perusahaan tidak dapat dibuktikan berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Namun, secara simultan, variabel likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Ketiga variabel independen pada penelitian dapat menjelaskan variasi kebijakan dividen sebesar 96,5%. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel independen lain atau penggunaan indikator lain yang dapat memengaruhi kebijakan dividen perusahaan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject kebijakan dividen en_US
dc.subject likuiditas en_US
dc.subject profitabilitas en_US
dc.subject ukuran perusahaan en_US
dc.title Pengaruh likuiditas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen : studi kasus pada perusahaan sektor industri barang konsumen primer tahun 2018-2020 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6041801056
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403058402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account