Perumusan strategi usaha bagi Toko Kain X untuk meningkatkan penjualan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rikardo, Cherish
dc.contributor.advisor Budiono, Arip
dc.date.accessioned 2023-06-12T02:54:57Z
dc.date.available 2023-06-12T02:54:57Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42034
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15200
dc.description 5829 - FTI en_US
dc.description.abstract Toko Kain X merupakan suatu toko yang menjual beberapa jenis kain secara eceran dan menawarkan jasa jahit pakaian di Kabupaten Garut. Dalam satu tahun terakhir, Toko Kain X mengalami penurunan penjualan dan tidak mampu mencapai target penjualan per bulannya. Penurunan penjualan ini disebabkan oleh adanya pandemi Covid-19 dan tingginya persaingan bisnis. Oleh sebab itu, Toko Kain X memerlukan perencanaan strategi usaha yang sesuai dengan kondisi Toko Kain X saat ini sehingga mampu bersaing dengan kompetitornya, meningkatkan penjualan, dan mampu bertahan selama masa pandemi Covid-19. Penelitian diawali dengan melakukan analisis lingkungan eksternal menggunakan metode PESTLE Analysis dan Porter’s Five Forces Model serta melakukan analisis lingkungan internal dengan menggunakan metode Value Chain Analysis, wawancara konsumen, dan observasi. Kemudian, dilakukan proses evaluasi faktor internal dan eksternal perusahaan dengan menggunakan IFE Matrix dan EFE Matrix. Hasilnya dapat digunakan untuk menentukan posisi strategis perusahaan dengan menggunakan IE Matrix. Setelah itu, dilakukan penentuan business level strategy dengan menggunakan Porter’s Five-Generic Strategy dan penentuan alternatif strategi yang ditentukan menggunakan TOWS Matrix. Langkah terakhir adalah formulasi strategi berdasarkan posisi strategis perusahaan, strategi level bisnis, dan TOWS Matrix. Hasil dari penelitian yang dilakukan menghasilkan bahwa Toko Kain X berada pada posisi hold & maintain dan menerapkan strategi best-cost provider strategy pada tingkat bisnis sehingga diperoleh beberapa alternatif strategi. Usulan strategi yang dapat diberikan kepada Toko Kain X adalah melakukan pengiklanan di media sosial, meningkatkan visibilitas toko, memberikan beberapa promosi, menjual produk dan jasa jahit secara online, menyediakan beragam jenis produk sesuai trend, meningkatkan pelayanan, menambah penjahit, membuat kontrak kerjasama dengan supplier, memfokuskan pembelian jenis kain yang bervariasi dengan kuantitas yang lebih sedikit, mencari produk substitusi pada produk dengan pasokan dan harga yang tidak stabil, dan memfokuskan pembelian produk lokal yang berkualitas. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Perumusan strategi usaha bagi Toko Kain X untuk meningkatkan penjualan en_US
dc.title Perumusan strategi usaha bagi Toko Kain X untuk meningkatkan penjualan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610097
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0414069004
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426118602
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account