dc.description.abstract |
Toko Kain X merupakan suatu toko yang menjual beberapa jenis kain secara
eceran dan menawarkan jasa jahit pakaian di Kabupaten Garut. Dalam satu tahun terakhir,
Toko Kain X mengalami penurunan penjualan dan tidak mampu mencapai target penjualan
per bulannya. Penurunan penjualan ini disebabkan oleh adanya pandemi Covid-19 dan
tingginya persaingan bisnis. Oleh sebab itu, Toko Kain X memerlukan perencanaan
strategi usaha yang sesuai dengan kondisi Toko Kain X saat ini sehingga mampu bersaing
dengan kompetitornya, meningkatkan penjualan, dan mampu bertahan selama masa
pandemi Covid-19.
Penelitian diawali dengan melakukan analisis lingkungan eksternal
menggunakan metode PESTLE Analysis dan Porter’s Five Forces Model serta melakukan
analisis lingkungan internal dengan menggunakan metode Value Chain Analysis,
wawancara konsumen, dan observasi. Kemudian, dilakukan proses evaluasi faktor internal
dan eksternal perusahaan dengan menggunakan IFE Matrix dan EFE Matrix. Hasilnya
dapat digunakan untuk menentukan posisi strategis perusahaan dengan menggunakan IE
Matrix. Setelah itu, dilakukan penentuan business level strategy dengan menggunakan
Porter’s Five-Generic Strategy dan penentuan alternatif strategi yang ditentukan
menggunakan TOWS Matrix. Langkah terakhir adalah formulasi strategi berdasarkan
posisi strategis perusahaan, strategi level bisnis, dan TOWS Matrix.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menghasilkan bahwa Toko Kain X berada
pada posisi hold & maintain dan menerapkan strategi best-cost provider strategy pada
tingkat bisnis sehingga diperoleh beberapa alternatif strategi. Usulan strategi yang dapat
diberikan kepada Toko Kain X adalah melakukan pengiklanan di media sosial,
meningkatkan visibilitas toko, memberikan beberapa promosi, menjual produk dan jasa
jahit secara online, menyediakan beragam jenis produk sesuai trend, meningkatkan
pelayanan, menambah penjahit, membuat kontrak kerjasama dengan supplier,
memfokuskan pembelian jenis kain yang bervariasi dengan kuantitas yang lebih sedikit,
mencari produk substitusi pada produk dengan pasokan dan harga yang tidak stabil, dan
memfokuskan pembelian produk lokal yang berkualitas. |
en_US |