Analisis perbandingan kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Cijagra Lama dan Puskesmas Cijagra Baru

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yuwono, Gina Ningsih
dc.contributor.author Marryrose, Eugenia
dc.date.accessioned 2023-05-17T02:08:56Z
dc.date.available 2023-05-17T02:08:56Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42931
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15119
dc.description 10007 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Cijagra Lama dan Puskesmas Cijagra Baru. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori kualitas pelayanan oleh Zeithaml et al yang terdiri dari 5 dimensi yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara langsung kepada pasien Puskesmas Cijagra Lama dan Puskesmas Cijagra Baru. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden yang terdiri dari 66 responden Puskesmas Cijagra Lama dan 30 responden Puskesmas Cijagra Baru. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Servqual dan untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji beda (Mann Whitney U Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat realita kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Cijagra Lama sebesar 4,22 dan tingkat harapan sebesar 4,02 sehingga menghasilkan nilai gap positif sebesar 0,20. Sedangkan tingkat realita kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Cijagra Baru sebesar 4,01 dengan tingkat harapan sebesar 3,83 sehingga menghasilkan nilai gap positif sebesar 0,18. Berdasarkan analisis Mann Whitney U Test diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Cijagra Lama dan Puskesmas Cijagra Baru, yang dibuktikan dengan angka signifikan sebesar 0,800. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan en_US
dc.subject Analisis Servqual en_US
dc.title Analisis perbandingan kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Cijagra Lama dan Puskesmas Cijagra Baru en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6071801064
dc.identifier.nidn/nidk NIDK8926060022
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account