Abstract:
Industri manufaktur Electric Vehicle (EV) merupakan salah satu industri
yang berpengaruh dalam ekonomi global dan sedang menjadi tren transportasi di
era saat ini. Kerjasama Tesla Motors Company dan Panasonic Corporation
merupakan sebuah multi-year collaboration, yang bergerak dalam akselerasi
perluasan pasar EV di pasar global. Hal tersebut dilakukan dengan kerjasama
manufaktur komponen baterai lithium untuk peningkatan kualitas produk electric
vehicle Tesla. Maka, rumusan masalah untuk penelitian ini adalah, “Bagaimana
implementasi kerjasama Tesla Motor Company dan Panasonic Corporation pada
produk EV (Electric Vehicle) 2013-2020?”. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin
menggambarkan kerjasama strategis Tesla dan Panasonic di Industri manufaktur
EV pada tahun 2013-2020. Hal tersebut ditujukan untuk mengetahui bentuk dan
tipe kerjasama yang dilakukan kedua MNCs di bidang pengembangan EV. Peneliti
menggunakan konsep teori Strategic Alliances dan Foreign Direct Investment
sebagai dasar pemikiran dalam analisa ini. Selain itu, penelitian ini turut akan
memaparkan isu perubahan iklim, konsep green economy, dan tren EV sebagai
faktor pendorong dari kerjasama Tesla Motors Company dan Panasonic
Corporation. Adapun penelitian ini menunjukkan bahwa kerjasama Panasonic dan
Tesla bersifat Equity Aliances yang berfokus kepada Joint Ventures dengan jangka
waktu 2013-2020.