dc.description.abstract |
Aktivitas pengendalian menjadi salah satu cara bagi perusahaan untuk mengatur dan
mengendalikan seluruh kegiatan dalam perusahaan, salah satunya pada siklus penjualan.
Aktivitas pengendalian yang kurang memadai dapat menimbulkan kecurangan oleh pihakpihak
yang ingin menguntungkan diri sendiri. Savannah Tekstil merupakan perusahaan
dagang yang menjual kain tekstil. Savannah Tekstil belum memiliki banyak karyawan dan
bagian accounting sering mengeluh karena pelimpahan pekerjaan yang diberikan. Hal ini
disebabkan karena aktivitas pengendalian yang dijalankan Savannah Tekstil tidak memadai.
Diterapkannya aktivitas pengendalian yang memadai dapat membantu Savannah Tekstil
dalam menghadapi masalah ini.
Aktivitas pengendalian adalah kebijakan, prosedur, dan aturan pengendalian
yang menyediakan keyakinan secara memadai bahwa terpenuhinya tujuan pengendalian dan
dilakukannya respon terhadap risiko. Kebijakan, prosedur, dan aturan ini memberikan
keyakinan bahwa tindakan yang diperlukan telah dilaksanakan untuk mengurangi risiko dalam
pencapaian tujuan perusahaan. Siklus penjualan menjadi salah satu prosedur yang memerlukan
aktivitas pengendalian yang memadai. Siklus penjualan merupakan serangkaian aktivitas
bisnis berulang dan pemrosesan informasi terkait dengan penyediaan barang dan jasa kepada
pelanggan. Aktivitas pengendalian yang baik dan benar akan membantu perusahaan untuk
meningkatkan efektivitas pada siklus penjualan. Perusahaan yang memiliki siklus penjualan
yang efektif akan memastikan pegawainya ditempatkan pada posisi yang tepat, mencari
peluang untuk mengorganisir perusahaan, dan memberikan penghargaan kepada pegawainya
atas kinerjanya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif. Metode deskriptif mendeskripsikan individu, kejadian, atau situasi yang telah
diidentifikasi menjadi masalah. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan melakukan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek penelitian pada penelitian ini adalah evaluasi
aktivitas pengendalian untuk meningkatkan efektivitas siklus penjualan. Unit yang diteliti
adalah Savannah Tekstil yang merupakan perusahaan dagang kain tekstil.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang sudah dilakukan, dapat
diketahui bahwa siklus penjualan pada Savannah Tekstil belum menerapkan aktivitas
pengendalian yang memadai. Savannah Tekstil sendiri melakukan lima aktivitas
pengendalian, yaitu proper authorization of transaction and activities, segregation of duties,
design and use of documents and records, safeguarding assets, records, and data, dan
independent checks on performance. Terdapat kekurangan pada setiap aktivitas pengendalian
yang dilakukan oleh Savannah Tekstil. Otorisasi terhadap transaksi dan aktivitas dilakukan
oleh bagian accounting dan pemilik pada hamper seluruh prosedur pada siklus penjualan.
Sebaiknya otorisasi hanya dilakukan oleh pihak yang berwenang. Tidak adanya pemisahan
fungsi pada bagian accounting yang merangkap fungsi. Sebaiknya perusahaan menambah
karyawan baru yaitu bagian sales dan kasir. Desain dan penggunaan dokumen belum memiliki
desain dokumen yang baik dan penggunaan dokumen yang kurang tepat. Sebaiknya
perusahaan menambah dokumen Sales Order, Picking Ticket, dan Kuitansi, dan seluruh
dokumen harus memiliki tempat otorisasi. Semua data perusahaan terkait siklus penjualan
tidak dibuat backup sehingga perusahaan sebaiknya membuat backup dengan menyalin data
ke USB. Pemilik tidak memberi penilaian kepada karyawan, tetapi sebaiknya pemilik memberi
penilaian para karyawan untuk melihat keberhasilan kinerja karyawan. |
en_US |